Kembar Siam Kendari: Aqil Pindah Ruang, Azila Jalani Operasi Kedua

Kondisi keduanya kian membaik

Surabaya, IDN Times - Bayi kembar asal Kendari yang telah melakukan operasi pemisahan, Aqila dan Azila saat ini kondisinya semakin membaik. Bahkan salah satu bayi telah dipindahkan ke ruang perawatan anak.

1. Aqila sudah dipindah ke ruang perawatan

Kembar Siam Kendari: Aqil Pindah Ruang, Azila Jalani Operasi KeduaIDN Times/Vanny El Rahman

 

Ketua Tim Penanganan Kembar Siam RSUD Dr Soetomo dokter Agus Harianto mengatakan bahwa kondisi keduanya saat ini sudah stabil. Bahkan Aqila yang sebelumnya dirawat secara intensif di Ruang ICU kini dipindahkan ke Ruang Perawatan Inap Anak. Alat bantu pernapasan milik Aqila juga sudah dilepas.

"Alhamdulillah, hari ke enam pasca pemisahan Aqila sehat. Sudah lepas ventilatornya dan minumnya sudah penuh. Artinya, Aqila dalam kondisi stabil. Siang tadi, diputuskan Tim dipindah ke ruangan Bobo untuk dirawat sebagaimana mestinya," ujar Agus, Selasa (20/8).

2. Harus jalani fisioterapi

Kembar Siam Kendari: Aqil Pindah Ruang, Azila Jalani Operasi KeduaIDN Times/Vanny El Rahman

 

Meski sudah dipindahkan ke ruang perawatan, Aqila masih harus menjalani beberapa tahap penyembuhan. Agus menjelaskan bahwa Aqila akan menjalani fisioterapi. Dengan fisioterapi ini, Aqila diharapkan bisa duduk dan berdiri tegak.

"Aqila tidak boleh tidur tengkurap karena saat ini luka operasinya belum kering. Fisioterapi dilakukan minimal tujuh hari setelah operasi. Ini masih basah, jadi tunggu kering dulu operasinya," jelasnya.

3. Azila jalani operasi kedua

Kembar Siam Kendari: Aqil Pindah Ruang, Azila Jalani Operasi KeduaIDN Times/Fitria Madia

 

Sementara itu Azila rupanya harus menjalani operasi kedua. Agus menjelaskan operasi tersebut adalah nekrotomi untuk menghilangkan jaringan kulit mati di luka jahitan. Operasi yang dilakukan pada Senin (19/8) ini juga untuk memperbaiki usus yang terjepit di dalam perut. 

"Azila harus menjalani operasi kedua. Alhamdulillah, operasi kedua Azila membuahkan hasil," lanjut Agus.

Baca Juga: Kembar Siam Asal Kendari Dipisah Hari Ini, Operasi Diperkirakan 12 Jam

4. Kondisi Azila membaik

Kembar Siam Kendari: Aqil Pindah Ruang, Azila Jalani Operasi KeduaIDN Times/Fitria Madia

 

Untungnya, operasi kedua Azila berjalan mulus. Agus menjelaskan bahwa gangguan pencernaan yang sempat dialami oleh Azila sudah tidak terjadi lagi. Saat ini ia masih dirawat secara intensif di Ruang ICU.

"Sudah tidak muntah, tidak kembung, dan mulai membuka matanya. Berarti itu ada kemajuan. Semoga usaha kami ini, Tim Kembar Siam membuahkan hasil," harapnya.

Baca Juga: Lega dan Nestapa Sang Ibu Kembar Siam Usai Dipisahkan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya