Kembali Boyong Piala Tingkat Dunia, Risma Enggan Jumawa

Jangan gampang puas kata Bu Risma

Surabaya, IDN Times - Meraih kembali salah satu penghargaan tingkat Internasional menjadi tantangan tersendiri bagi Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Ia menuturkan bahwa dirinya terus berusaha untuk menahan diri agar tidak terlalu membangga-banggakan prestasi tersebut.

Baca Juga: Selamat! Surabaya Sabet Predikat Online Popular City Guangzhou Award

1. Berusaha untuk tidak tinggi hati

Kembali Boyong Piala Tingkat Dunia, Risma Enggan JumawaIDN Times/Cynthia

Hal ini disampaikan oleh Risma saat menggelar jumpa pers di ruang kerjanya, Senin (10/12). Risma mengharapkan prestasi terbaru yaitu Online Popular City Guangzhou Award 2018 tidak membuat ia dan jajarannya menjadi tinggi hati.

"Gak boleh berlebihan lah, takut riya'. Jadi harus ditekan. Kalau pulang gitu nekan lagi. Supaya nanti mau belajar lagi. Kerja keras lagi. Supaya gak gampang puas," ungkapnya.

 

2. Satu-satunya wakil Asia Tenggara

Kembali Boyong Piala Tingkat Dunia, Risma Enggan JumawaIDN Times/ Cynthia

Namun kebanggaan sebenarnya wajar dimiliki olehnya. Pasalnya, dari 560 kota yang menjadi peserta Guangzhou Award, Surabaya berhasil menjadi 1 di antara 15 finalis yang dibagi dalam 4 kategori. Bahkan, Surabaya merupakan satu-satunya wakil dari Asia Tenggara.

"Ada dari New York, Milan, Spanyol, dari mana lagi ya? Pokoknya hampir 80 persen itu dari Eropa," jelas Risma.

3. Surabaya tonjolkan 3 R oleh masyarakat

Kembali Boyong Piala Tingkat Dunia, Risma Enggan JumawaInstagram/trirismaharini

Surabaya pun berhasil menjadi finalis dalam kategori partisipasi masyarakat. Dalam kategori ini, Risma menekankan bagaimana masyarakat berpartisipasi aktif dalam pengolahan sampah.

"Surabaya ambil 3 R, reduce, reuse, recycle. Guadelajara itu kayak Musrembang. Jadi nyusun perencanaan bareng-bareng. Kalau Surabaya kan sebenarnya sudah pernah kita lakukan," ungkap Risma.

4. Akan beradu di kompetisi global berikutnya

Kembali Boyong Piala Tingkat Dunia, Risma Enggan JumawaInstagram/trirismaharini

Tak hanya puas di situ, Surabaya kini akan kembali beradu dalam kompetisi tingkat dunia lain yang diadakan oleh Unesco dalam bidang desain kota.

"Kita lagi apply itu. Kita kan desain pedestrian, desain taman. Kemarin aku waktu di Korea Utara ketemu salah satu orang Unesco, dia profesor. Dia ngajak coba kamu masukkan aku lihat gambar-gambarmu," terang Risma.

Baca Juga: Menang Guangzhou Internasional Award 2018, Ini 10 Fakta Unik Surabaya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya