Kebut Pembangunan Rumah Pasca Gempa, Soekarwo Kucurkan Rp23,7 miliar

Target usai selama 21 hari

Surabaya, IDN Times - Pasca gempa yang berpusat di Situbondo, Pemprov Jatim mulai bersiap menggelontorkan dana untuk rehabilitasi rumah-rumah korban di Kabupaten Sumenep. Gubernur Jatim, Soekarwo mengatakan perkiraan dana untuk rehabilitasi rumah mencapai Rp23,7 miliar.

1. Dana awal sebesar Rp23,7 miliar

Kebut Pembangunan Rumah Pasca Gempa, Soekarwo Kucurkan Rp23,7 miliarDok IDN Times/Istimewa

Soekarwo mengatakan bahwa dana awal yang dibutuhkan untuk pembangunan rumah-rumah warga mencapai Rp23,7 miliar. Ia telah meminta sejumlah dana tersebut untuk segera disediakan agar pembangunan dapat dijalankan.

"Rp23,7 miliar sementara ini jadi kita hanya ingin stok di Pak Jumadi (Pj Sekdaprov) uang itu tolong distok, opname dulu disiapkan," ujarnya usai upacara HUT ke-73 Provinsi Jatim di Gedung Negara Grahadi, Jumat (12/10).

2. Jumlah rumah rusak terus bertambah

Kebut Pembangunan Rumah Pasca Gempa, Soekarwo Kucurkan Rp23,7 miliarTwitter/Sutopo

Berdasarkan data yang diterima Seokarwo, jumlah rumah rusak bertambah dari yang awalnya 246 menjadi 317 rumah. Dana Rp23,7 miliar tersebut juga merupakan masih dana awal perbaikan.

"Itu hanya ngitung kasar Rp23,7 miliar itu berdasarkan konsep (kerusakan) sedang dan menengah. Hari ini pasukan zeni bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa bersama kepala desa akan menghitung satu persatu," jelasnya.

3. Akan rampung dalam 21 hari

Kebut Pembangunan Rumah Pasca Gempa, Soekarwo Kucurkan Rp23,7 miliarTwitter/Sutopo

Untuk menyelesaikan pembangunan rumah-rumah rusak tersebut, Soekarwo memasang target selama 21 hari ke depan. Untuk itu, ia meminta warga turut serta aktif dalam pembangunan kembali rumah-rumah warga.

"Kemarin saya sudah kumpulkan tokoh-tokohnya. Saya bilang saya gak mau warga rumahnya dibangun, tapi sampeyan (warga) hanya duduk-duduk saja melihat polisi dan tentara membangun rumah sampeyan. Jadi tolong dibantu," tegasnya.

Baca Juga: Upacara HUT Jatim, Soekarwo Menangis

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya