Comscore Tracker

Kapal Bocor, Enam ABK KM Riski Laut Berhasil Diselamatkan

Mereka segera dilarikan ke rumah sakit

Surabaya, IDN Times - Kapal bocor dan rusak di tengah laut tentu menjadi mimpi buruk bagi siapa saja yang menaikinya. Hal itu terjadi pada KM Riski Laut 01 dan 03 pada Kamis malam (17/12/2020). Beruntung, mereka cepat meminta pertolongan dan berhasil diselamatkan.

1. Kapal bocor di tengah laut

Kapal Bocor, Enam ABK KM Riski Laut Berhasil DiselamatkanProses evakuasi ABK KM Riski Laut, Jumat (18/12/2020). Dok. SAR Surabaya

Berdasarkan siaran pers Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya, kejadian ini bermula saat 2 kapal yaitu KM Riski Laut 01 dan KM Riski Laut 03 berlayar dari pelabuhan Tanjung Perak menuju pelabuhan Patimban, Jawa Barat, pada Kamis malam, sekitar pukul 21.30 WIB. Namun, sesampainya di sekitar perairan Karang Jamuang pada pukul 22.00 WIB, KLM Riski Laut 03 mengalami kebocoran dan kerusakan pada gearbox.

"Kondisi ini menyebabkan 3 orang ABK KLM Riski Laut 03 pindah ke KLM Riski Laut 01 dan mereka segera meminta bantuan evakuasi," ujar Kepala Kantor SAR Surabaya, Hari Adi Purnomo selaku SAR Mission Coordinator (SMC), Jumat (18/12/2020).

2. Diselamatkan setelah 4 jam terombang-ambing di laut

Kapal Bocor, Enam ABK KM Riski Laut Berhasil DiselamatkanProses evakuasi ABK KM Riski Laut, Jumat (18/12/2020). Dok. SAR Surabaya

Mendapatkan permintaan pertolongan, SAR Surabaya langsung menerjunkan 1 tim operasi yang beranggotakan 4 orang dengan menggunakan 1 unit RIB (Rigit Inflatable Boat) atau kapal cepat. Setelah mengalami proses pencarian selama beberapa jam, akhirnya enam orang di KM Riski Laut 01 pun ditemukan pada Jumat (18/12/2020) pukul 02.30 WIB.

"Alhamdulillah upaya penyelamatan enam ABK ini berlangsung dengan cepat dan aman. Ini berkat informasi yang cepat diberikan kepada Kami, sehingga Kami pun bisa segera memberikan respons upaya penyelamatan,” tuturnya.

Baca Juga: Mengintip Spesifikasi dan Keunggulan i-BOAT, Kapal Tanpa Awak ITS

3. Enam orang selamat dan dilarikan ke rumah sakit

Kapal Bocor, Enam ABK KM Riski Laut Berhasil DiselamatkanIlustrasi rumah sakit (IDN Times/Arief Rahmat)

Enam orang yang berhasil dievakuasi tersebut adalah Abdur Rahman (nakhoda), Moh. Faisol, dan Agus Santoso dari KM Riski Laut 01. Sedangkan dari KM Riski Laut 03 yaitu Usman Ali Wafa (nakhoda), Syamsul Arifin (KKM), dan Akrawi (ABK). Setelah diselamatkan mereka pun dilarikan ke rumah sakit.

"Keenam ABK KLM Riski Laut 01 dan KLM Riski Laut 03 ini dibawa ke RSUD Ibnu Sina Gresik untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut," tutupnya.

Baca Juga: Bermain Prosotan di Tepi Sungai, Bocah Kelas 4 SD Tewas Tenggelam

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya