Jatim Siapkan 1000 Unit Komputer Jelang Ujian CPNS

Sistem CAT jamin tak akan ada kecurangan

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Provinsi dan Badan Kepegegawaian Daerah Jawa Timur menyatakan siap untuk turut membantu Badan Kepegawaian Nasional dalam perekrutan CPNS 2018. Persiapan alat, serta simulasi telah dilaksanakan oleh Pemprov dan BKD untuk memastikan kelancaran proses mulai dari pendaftaran, ujian, hingga penerimaan CPNS di Jatim.

1. Terdapat 14 titik tes di Jatim

Jatim Siapkan 1000 Unit Komputer Jelang Ujian CPNSTwitter/@BKNgoid

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim, Anom Surahno mengatakan bahwa di Jatim telah siap 14 titik tes seleksi CPNS yang tersebar di seluruh Jatim. Sedangkan untuk di Surabaya, terdapat 2 tempat tes yaitu di Kantor Regional 2 BKN Surabaya dan di Gelanggang Remaja. "Sebenarnya kita mau sewa JX Internasional, biar jadi satu. Tapi ternyata dipakai," ujarnya.

Baca Juga: Cegah Joki CPNS, Jatim Syaratkan Swafoto

2. Sediakan 1000 unit komputer

Jatim Siapkan 1000 Unit Komputer Jelang Ujian CPNSIDN Times/Fitria Madia

Ia juga menambahkan, 1000 unit komputer telah siap untuk tes CPNS 2018 ini. Nantinya, 1000 unit komputer akan dibagi di dua tempat tersebut dengan sama rata yaitu 500-500. Selain dengan jumlah komputer yang cukup banyak, Anom optimis BKD Jatim dapat membantu BKN dengan maksimal dalam tes ini melalui sistem ujian yang bergelombang. "Nanti akan ada 5 gelombang. Jadi bisa banyak pesertanya," ungkapnya.

3. Sistem CAT mencegah kecurangan

Jatim Siapkan 1000 Unit Komputer Jelang Ujian CPNSSetkab.go.id

Meskipun ratusan peserta akan berkumpul dalam satu ruangan, namun Anom percaya kecurangan atau kegiatan mencontek dapat diminimalisir. Hal ini dikarenakan sistem Computer Assisted Rest (CAT) yang digunakan oleh BKN yang memastikan bahwa tiap peserta akan mendapatkan soal yang berbeda. "Dalam 1 ruangan meski dikerjakan bersama dipaatikan beda soalnya. Jadi akan susah kalau mencontek," jelasnya.

Baca Juga: Honorer Protes Syarat Masuk CPNS, Risma Janji Akan Memperjuangkan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya