Jadi 69, Ini Daftar Kelurahan Nol Kasus COVID-19 di Kota Surabaya

Ayo sama-sama dijaga supaya kasusnya tidak meningkat!

Surabaya, IDN Times - Jumlah kelurahan di Kota Surabaya yang berhasil menekan kasus COVID-19 terus bertambah. Setelah sepekan lalu 63 kelurahan sudah mencapai nol kasus, kini jumlah tersebut bertambah menjadi 69 kelurahan. Kini tersisa 85 dari 154 kelurahan yang masih memiliki kasus COVID-19.

1. Kelurahan dengan nol kasus COVID-19 mencapai 69

Jadi 69, Ini Daftar Kelurahan Nol Kasus COVID-19 di Kota SurabayaIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Berdasarkan data laman resmi Surabaya Tanggap COVID-19, jumlah kelurahan yang sudah nol kasus COVID-19 saat ini adalah 69. Sepekan yang lalu, kelurahan dengan nol kasus COVID-19 adalah 63 kelurahan. Dengan ini dalam waktu sepekan saja sudah ada penambahan 6 kelurahan yang berhasil menuntaskan kasus COVID-19 warganya dan mencegah penularan kembali terjadi di lingkungannya.

"Alhamdulillah sekarang 69 kelurahan sudah nol kasus COVID-19. Kami berharap ini terus dipertahankan bahkan bertambah sehingga pandemik COVID-19 di Kota Surabaya bisa tuntas," ujar Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara, Jumat (30/10/2020).

2. Kasus terkonfirmasi dalam perawatan sebanyak 106 orang

Jadi 69, Ini Daftar Kelurahan Nol Kasus COVID-19 di Kota SurabayaPara pasien COVID-19 yang sembuh usai dikarantina di Hotel Asrama Haji. Dok Humas Pemkot Surabaya

Sementara itu berdasarkan data terbatu, kasus terkonfirmasi COVID-19 dalam perawatan di Kota Surabaya hanya 106 kasus saja yang tersebar di 85 kelurahan. Sementara jumlah kumulatif kasus mencapai 15.845 dengan 14.577 pasien sembuh dan sisanya meninggal dunia.

"Kami terus mengupayakan tes swab massal agar bisa mencegah penularan COVID-19 sejak dini. Kami tidak takut meski angka bisa naik karena tes massal. Kapasitas rumah sakit juga masih banyak agar bisa mencegah kematian," tuturnya.

Baca Juga: Kelurahan dengan Nol Kasus COVID-19 di Surabaya Naik Drastis Jadi 63

3. Daftar kelurahan dengan nol kasus COVID-19

Jadi 69, Ini Daftar Kelurahan Nol Kasus COVID-19 di Kota SurabayaKepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara. IDN Times/Dok. Istimewa

69 kelurahan dengan nol kasus COVID-19 tersebut terdiri dari berbagai kawasan. Di Surabaya Pusat terdapat 11 kelurahan dengan nol kasus COVID-19 yaitu Peneleh, Genteng, Ketabang, Jepara, Alun-alun Contong, Bubutan, Tambakrejo, Simokerto, Kapasan, Simolawang, dan Sidodadi.

Sementara di Surabaya Timur terdapat 12 kelurahan yaitu Rangkah, Tambaksari, Gading, Dukuh Setro, Pucang Sewu, Airlangga, Kalirungkut, Wonorejo Rungkut, Kendangsari, Gunung Anyar Tambak, Rungkut Menanggal dan Dukuh Sutorejo.

Di Surabaya Barat cukup banyak kelurahan dengan nol COVID-19 yaitu 18 kelurahan yang terdiri dari Putat Gede, Manukan Wetan, Tandes, Asemrowo, Genting Kalianak, Tambak Sarioso, Kandangan, Romokalisari, Tambak Oso Wilangun, Pakal, Babat Jerawat, Sumberrejo, Benowo, Jeruk, Lakarsantri, Lidah Kulon, Bangkingan Made, dan Beringin.

Sedangkan di Surabaya Selatan ada di Kelurahan Sawahan, Petemon, Pakir, Jagir, Darmo, Karang Pilang, Dukuh Kupang, Dukuh Pakis, Pradah Kali Kendal, Jajar Tunggal, Dukuh Menanggal, Siwalankerto, Kebonsari dan Jambangan.

Terakhir, Surabaya Utara terdiri dari Kelurahan Perak Timur, Krembangan Utara, Bongkaran, Pegirian, Ujung, Ampel, Kemayoran, Dupak, Bulak, Kedung Cowek, Sukolilo Baru, Sidotopo Wetan dan Bulak Banteng.

"Kami berharap agar warga senantiasa mematuhi protokol kesehatan demi kebaikan bersama," pungkasnya.

Jadi 69, Ini Daftar Kelurahan Nol Kasus COVID-19 di Kota SurabayaInfografis Gerakan 3M (IDN Times/Ryann Rezza Ardiansyah)

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: Pelanggar Prokes di Surabaya saat Libur Panjang akan Langsung Di-Swab

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya