Ini Cara dan Syarat Tes GeNose di Stasiun Pasarturi Surabaya!

Lebih murah dan tidak sakit

Surabaya, IDN Times - Alat tes cepat COVID-19 GeNose saat ini sudah tersedia di Stasiun Pasarturi Surabaya. Alat ini menjadi alternatif tes cepat COVID-19 dengan harga lebih murah dan minim rasa sakit. Lalu, apa saya persyaratan agar bisa mendapatkan tes GeNose?

1. Hasil berlaku 3x24 jam

Ini Cara dan Syarat Tes GeNose di Stasiun Pasarturi Surabaya!Alat GeNose besutan peneliti UGM. Dok: istimewa

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif menjelaskan, berdasarkan SE Kemenhub No 20 Tahun 2021, calon penumpang Kereta Api jarak jauh harus menyerahkan hasil negatif atau nonreaktif dari tes swab PCR atau rapid test antigen. Kini, hasil tes GeNose juga bisa menjadi salah satu pilihannya.

Salah satu hal yang patut diperhatikan adalah masa berlaku dari hasil tes tersebut. Di hari normal, hasil tes negatif atau nonreaktif berlaku hingga 3x24 jam. Sementara di libur panjang atau libur keagamaan, hasil tes tersebut hanya berlaku selama 1x24 jam. Untuk menghindari antrean dan keterlambatan, calon penumpang diharapkan tes sejak sehari sebelum jadwal keberangkatan.

"Layanan ini tersedia mulai 07.00 sampai 18.00 setiap hari dengan biaya Rp20 ribu," ujar Luqman, Senin (15/2/2021).

2. Harus punya tiket KA jarak jauh

Ini Cara dan Syarat Tes GeNose di Stasiun Pasarturi Surabaya!Ilustrasi Stasiun Kereta (IDN Times/Mardya Shakti)

Penyediaan layanan GeNose merupakan hasil kerja sama PT KAI dan Rajawali Nusantara Indonesia melalui anak usahanya Rajawali Nusindo, serta Universitas Gadjah Mada. Layanan ini pun ditujukan khusus hanya untuk para calon penumpang KA jarak jauh. Sehingga, syarat utama untuk mendapatkan tes GeNose adalah dengan menunjukkan tiket KA jarak jauh sebagai bukti calon penumpang.

"Layanan ini memang tersedianya hanya di Stasiun Pasarturi. Tapi kalau pemberangkatannya gak harus dari Pasarturi. Misal dari Stasiun Gubeng atau Wonokromo itu gak apa-apa," terang Luqman.

Baca Juga: GeNose Bakal Dipakai di Area Pariwisata untuk Pulihkan Ekonomi

3. Berpuasa minimal 30 menit sebelum periksa

Ini Cara dan Syarat Tes GeNose di Stasiun Pasarturi Surabaya!GeNose besutan UGM. Dok: istimewa

Saat akan memeriksakan diri, calon penumpang tidak boleh makan, minum (kecuali air putih), dan merokok (termasuk vape) setidaknya 30 menit jelang pemeriksaan. Hal ini dikarenakan tes GeNose menggunakan sampel napas. Larangan-larangan tersebut bertujuan untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan GeNose.

"Pada saat pelaksanaan calon penumpang diminta untuk meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan," tutur Luqman.

Sebagai informasi, tes GeNose hanya membutuhkan sampel berupa napas yang ditiupkan ke dalam sebuah kantong. Tes ini menjadi lebih mudah dibanding swab yang harus memasukkan alat ke hidung dan tenggorokan.

Baca Juga: Lebih Mudah dan Murah, GeNose Sudah Tersedia di Stasiun Pasar Turi!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya