Comscore Tracker

Lebih Mudah dan Murah, GeNose Sudah Tersedia di Stasiun Pasar Turi!

Tanpa perlu memasukkan alat ke hidung, lho

Surabaya, IDN Times - Alat tes cepat COVID-19 besutan Universitas Gajah Mada, GeNose C19 sudah hadir di PT KAI Daop 8 Surabaya. Alat ini sudah bisa dimanfaatkan oleh para calon penumpang untuk menggantikan rapid tes antigen sebagai syarat menumpang Kereta Api jarak jauh.

1. GeNose sudah tersedia di stasiun Surabaya

Lebih Mudah dan Murah, GeNose Sudah Tersedia di Stasiun Pasar Turi!Ilustrasi Stasiun Kereta (IDN Times/Mardya Shakti)

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif menjelaskan, layanan tes GeNose C19 saat ini baru tersedia di Stasiun Pasarturi sejak Senin (15/2/2021). Para penumpang pun sudah bisa memanfaatkan layanan ini dengan tarif yang cukup murah yaitu Rp20 ribu dibandingkan rapid test antigen sebesar Rp105 ribu.

"Layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Surabaya Pasarturi ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan yang kami berikan bagi pelanggan dalam rangka pemenuhan persyaratan perjalanan kereta api," ujar Luqman, Senin (15/2/2021).

2. Sebagai alternatif rapid test antigen

Lebih Mudah dan Murah, GeNose Sudah Tersedia di Stasiun Pasar Turi!Ilustrasi Rapid Test Tim IDN Times (IDN Times/Herka Yanis)

Luqman menerangkan, hingga saat ini SE Kemenhub No 20 Tahun 2021 yang mewajibkan calon penumpang KA jarak jauh menunjukkan hasil negatif tes swab PCR atau rapid test antigen masih berlaku. Oleh karena itu, GeNose hadir sebagai solusi tes yang lebih murah dan mudah.

"KAI berkomitmen menerapkan disiplin protokol kesehatan COVID-19 dengan ketat di stasiun maupun selama dalam perjalanan serta mendukung upaya pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran COVID-19 pada transportasi kereta api,” tuturnya.

Baca Juga: Menristek: GeNose C19 Akan Jadi Game Changer Pulihkan Pariwisata

3. Bisa didapatkan setiap hari

Lebih Mudah dan Murah, GeNose Sudah Tersedia di Stasiun Pasar Turi!Alat GeNose besutan peneliti UGM. Dok: istimewa

Layanan ini, lanjut Luqman, bisa didapatkan oleh para calon penumpang di Stasiun Pasarturi sejak pukul 07.00 sampai 18.00 setiap hari. Ia menegaskan bahwa tidak ada kuota untuk layanan ini. Seluruh calon penumpang akan dilayani selama jam operasional masih berlaku.

"Penambahan penyediaan layanan ini juga merupakan perwujudan dari dukungan KAI bangga buatan Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, hingga saat ini telah ada 8 stasiun yang telah menyediakan layanan GeNose yaitu Stasiun Gambir, Pasarsenen, Solo Balapan, Tugu Yogyakarta, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang dan Surabaya Pasarturi. 

"Layanan pemeriksaan GeNose C19 merupakan hasil sinergi BUMN antara KAI dan Rajawali Nusantara Indonesia melalui anak usahanya Rajawali Nusindo, serta Universitas Gadjah Mada," tutup Luqman.

Baca Juga: GeNose Bakal Dipakai di Area Pariwisata untuk Pulihkan Ekonomi

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya