Comscore Tracker

Ingin Punya Pohon Tabebuya, Sakura ala Surabaya? Begini Caranya

Tapi bisanya cuma untuk RT dan RW yaa

Surabaya, IDN times - Bagi warga Surabaya yang ingin memiliki pohon Tabebuya, pohon berbunga mirip Sakura yang akhir-akhir ini ditemukan di jalanan Surabaya, kini tak usah bingung. Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya rupanya menyediakan bibit Tatebuya secara gratis.

Baca Juga: Cerita Wali Kota Risma Soal Tabebuya, Bunga "Sakura Surabaya"

1. Ada 500 bibit Tabebuya milik Pemkot Surabaya

Ingin Punya Pohon Tabebuya, Sakura ala Surabaya? Begini CaranyaFacebook/Bangga Surabaya

Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau dan PJU DKRTH, Hendri Setianto mengatakan bahwa DKRTH telah melakukan pembibitan terhadap tanaman Tabebuya ini. Total ada sekitar 500 bibit Tabebuya yang dibudidayakan di Kebun Bibit Wonorejo.

"Kami juga bibitkan tapi masih kecil-kecil. Bibitannya di Kebun Bibit Wonorejo. Belum kami tanam karena kalau ditanam kan minimal diameternya 8 cm supaya kalau ditanam cepat kelihatan," jelasnya saat dihubungi IDN Times, Rabu (28/11).

2. Penanaman dan perawatan tidak sulit

Ingin Punya Pohon Tabebuya, Sakura ala Surabaya? Begini CaranyaFacebook/Bangga Surabaya

Hendri menjelaskan untuk menanam pohon ini tidaklah sulit. Hanya perlu disiram dan diberi pupuk secara rutin seperti tanaman biasa lainnya. Hanya saja, bunga memang akan mekar pada saat-saat tertentu saja yaitu sekitar bulan Oktober hingga November.

"Karena ini memang tanaman tropis. Dari Amazon sana. Jadi perawatannya mudah," terangnya.

3. Perlu bersurat ke DKRTH

Ingin Punya Pohon Tabebuya, Sakura ala Surabaya? Begini CaranyaFacebook/Bangga Surabaya

Untuk bisa mendapatkan pohon ini secara gratis, warga hanya butuh mengajukan surat ke DKRTH. Namun yang dapat mengajukan pemohonan hanyalah pihak RT/RW atau sekolah.

"Kalau perseorangan kami tidak bisa. Kami tidak bisa menjual begitu atau memberikan. Jadi harus melalui RT/RW. Kalau ada yang ingin punya secara perseorangan bisa beli di Malang," ujarnya.

Warga pun dapat menanam pohon ini di pekarangan rumah sehingga saat musim bunga mekar, suasana Jepang pun akan hadir di depan rumah tanpa perlu jauh-jauh ke Jepang.

4. Terdapat 2500 pohon Tabebuya di Surabaya

Ingin Punya Pohon Tabebuya, Sakura ala Surabaya? Begini CaranyaFacebook/Bangga Surabaya

Hendri melanjutkan bahwa di Surabaya terdapat dua jenis pohon Tabebuya yaitu bunga pink, bunga kuning, bunga putih, dan bunga ungu. Untuk keseluruhan pohon, Hendri mengatakan ada lebih dari 2.500 pohon yang tersebar di Kota Surabaya.

"Paling cantik di sisi barat Frontage Ahmad Yani hingga Diponegoro. Karena bunganya berwarna pink jadi seperti bunga sakura. Selain di situ ada juga di Mayjend Sungkono dan Kertajaya," terang Hendri.

5. Banyak kelebihan yang dimiliki

Ingin Punya Pohon Tabebuya, Sakura ala Surabaya? Begini CaranyaIDN Times/Cynthia Amanda Chaerunissa

Pohon Tabebuya menjadi pilihan terbaik bagi yang ingin menanam pohon. Selain bunganya indah, Tabebuya juga merupakan penyerap gas karbon yang baik.

"Selain itu memang pohonnya kuat, perakarannya kuat, daunnya lebat, bisa menarik burung-burung. Bunganya bagus, cantik," tutup Hendri.

Baca Juga: Bunga Tabebuya Bersemi, Bikin Surabaya Bernuansa Negeri Sakura

Topic:

  • Edwin Fajerial

Just For You