Comscore Tracker

Bunga Tabebuya Bersemi, Bikin Surabaya Bernuansa Negeri Sakura

Suasana Jepang pindah ke kota Surabaya nih

Surabaya,IDN Times - Indahnya Kota Surabaya ketika musim penghujan semakin lengkap dengan mekarnya bunga Tabebuya. Apalagi bunga yang berada di sisi kanan dan kiri sepanjang jalan Kota Surabaya saat pagi hari berguguran, semakin menambah keindahan Kota Surabaya. 

Adanya bunga Tabebuya membuat suasana Jepang berpindah di Kota Surabaya. Masyarakat kota Surabaya pun dapat dimanja dan menikmati keindahan  bunga yang berjatuhan di jalanan tengah Kota Surabaya ini.

Baca Juga: [WAWANCARA KHUSUS] Cerita Risma Soal Tabebuya, Bunga "Sakura Surabaya"

1. Perawatan pohon bunga Tabebuya yang mudah

Bunga Tabebuya Bersemi, Bikin Surabaya Bernuansa Negeri SakuraFacebook/Bangga Surabaya

Bunga Tabebuya dipilih oleh Pemkot Surabaya untuk mempercantik jalanan kota karena perawatan yang mudah. Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya, Chalid Buhari, menuturkan tak hanya perawatan saja yang mudah, cara menanam pohon itu pun juga sangat mudah. “Penanaman pohon itu mudah hanya tinggal diberi pupuk dan penyiraman saja yang rutin seperti tanaman lainnya dan bisa diadopsi di sini, bukan hanya di Jepang saja,” ulasnya.

2. Jalanan Kota Surabaya semakin Manis

Bunga Tabebuya Bersemi, Bikin Surabaya Bernuansa Negeri SakuraFacebook/Bangga Surabaya

Patricia salah satu warga Surabaya yang sedang melewati pemandangan Jalan Marmoyo, Surabaya, mengatakan adanya Tabebuya membuat Surabaya semakin cantik. "Surabaya akhir-akhir ini sangat cantik, cuaca tidak terlalu panas, malah dingin. Apalagi lewat Jalan Marmoyo bunga yang jatuh semakin mempermanis kota seolah Jepang berpindah di Surabaya," ucapnya.

3. Tabebuya yang mirip bunga Sakura

Bunga Tabebuya Bersemi, Bikin Surabaya Bernuansa Negeri SakuraFacebook/Bangga Surabaya

Diketahui bahwa Tabebuya (Chrysotrcha) merupakan tanaman yang berasal dari Brasil dan termasuk jenis pohon besar. Orang selalu menganggap bunga Tabebuya mirip bunga Sakura. Alasannya, bunga Tabebuya kelopaknya berjatuhan dan bewarna seperti bunga Sakura Jepang.

4. Bunga Tabebuya cocok untuk pemanis jalanan maupun halaman rumah

Bunga Tabebuya Bersemi, Bikin Surabaya Bernuansa Negeri SakuraIDN Times/Cynthia Amanda Chaerunissa

Pohon Tabebuya ini juga memiliki kelebihan daun yang tidak mudah rontok. Saat musim berbunga yang indah dan lebat, akarnya tidak merusak rumah dan tembok. Karena akar pohon yang kuat dan kokoh, serta tidak merusak, struktur ini pohon Tabebuya sangat cocok untuk ditanam di jalan dan di halaman rumah.

5. Tiga Warna cantik bunga pohon Tabebuya

Bunga Tabebuya Bersemi, Bikin Surabaya Bernuansa Negeri SakuraFacebook/Bangga Surabaya

Bunga Tabebuya yang berada di Kota Surabaya memiliki warna merah muda, putih, dan kuning berbentuk terompet. Spesies Tabebuya yang berasal dari berbagai negara memiliki spesies genustabebuia dan memiliki berbagai macam banyak warna. Tetapi yang sering dijumpai di Indonesia hanyalah bunga yang berwarna kuning, merah mudam dan putih dengan panjang bunga pohon 3 -11 centimeter berbentuk terompet. 
 

Baca Juga: Cuma Berbekal Medsos, Pemerintah Kota Surabaya Raih 2 Penghargaan!

Topic:

  • Cynthia Amanda Chaerunissa
  • Edwin Fajerial

Just For You