Erupsi Gunung Semeru, Pemkot Surabaya Kirim 55 Petugas dan Alat Berat

Bantu pencarian dan penyelamatan korban

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya mengirimkan bantuan personel dan alat berat ke lokasi bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang. Pasukan tersebut akan diperbantukan hingga status kedaruratan bencana erupsi Gunung Semeru dicabut.

1. Pemkot Surabaya kirim bantuan tenaga dan alat berat ke Lumajang

Erupsi Gunung Semeru, Pemkot Surabaya Kirim 55 Petugas dan Alat BeratPemkot Surabaya Kirim Bantuan dan Personel Erupsi Semeru. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Irvan Widyanto menuturkan bahwa pengiriman bantuan personel, alat berat, dan logistik ini adalah perintah Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat mendengar berita erupsi tersebut. Ia pun segera mengumpulkan personel yang tersedia dan diberangkatkan pada Minggu (5/12/2021).

“Pak Wali sering mendengungkan kolaborasi dan gotong royong dalam menyelesaikan suatu permasalahan, apalagi beliau menjadi koordinator Kepala Daerah di Jawa Timur. Begitu mendengar kejadian (erupsi Gunung Semeru), beliau langsung memerintahkan membantu semaksimal mungkin,” ujarnya.

Baca Juga: 700 Orang Bantu Pencarian Korban Erupsi Gunung Semeru

2. 55 petugas diterjunkan ke Lumajang

Erupsi Gunung Semeru, Pemkot Surabaya Kirim 55 Petugas dan Alat BeratPersonel yang diterjunkan membantu penanganan bencana erupsi Gunung Semeru. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Irvan mengatakan bahwa Pemkot Surabaya menerjunkan 55 personel untuk membantu berbagai keperluan pencarian, penyelamatan, hingga pendampingan para korban di Lumajang. Petugas ini akan tetap berad di lokasi hingga bencana dinyatakan selesai dan bantuan tidak lagi diperlukan.

“Jumlahnya sebanyak 55 personel. Dari BPB Linmas sebanyak 17 personil, Dinas PMK sebanyak 24 personil, Satpol PP sebanyak 11 personil, dan Dinsos sebanyak 3 personil,” terangnya.

3. Sertakan alat berat untuk proses pencarian dan penyelamatan

Erupsi Gunung Semeru, Pemkot Surabaya Kirim 55 Petugas dan Alat BeratPemkot Surabaya Kirim Bantuan dan Personel Erupsi Semeru. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Selain bantuan tenaga, Irvan juga mengirimkan kendaraan berat untuk membantu proses pencarian dan penyelamatan korban erupsi Gunung Semeru. Alat berat yang diterjunkan ke Lumajang adalah dua unit Truk, satu unit Truk Dapur Umum, dua unit Truck Water Supply, tiga unit Truk Pemadam, satu unit Skywalker, satu unit Bronto Skylift 44, dan tiga unit Pick up.

“Perkembangan di Pendopo Arya Wiraraja, tim langsung berkoordinasi terkait penempatan personil, unit kendaraan maupun peralatan yang akan difungsikan untuk membantu penanganan dampak erupsi Gunung Semeru,” ungkapnya.

4. Kirimkan bantuan logistik

Erupsi Gunung Semeru, Pemkot Surabaya Kirim 55 Petugas dan Alat BeratPemkot Surabaya Kirim Bantuan dan Personel Erupsi Semeru. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Bersama para petugas perbantuan, Pemkot Surabaya juga membawa bantua logistik berupa mie instan sebanyak 60 dus, biskuit sebanyak 17 dus, dan selimut sebanyak 200 buah. Bantuan logistik tersebut langsung disalurkan kepada para pengungsi yang membutuhkan.

"Yang paling penting juga kami membawa bantuan logistik untuk para korban erupsi Gunung Semeru," tutupnya.

Baca Juga: Tabrakan Mobil Vs Kereta di Surabaya, Semuanya Selamat

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya