Eri Salat Id Bersama Keluarga, Pesan Protokol Kesehatan Tetap Dijaga

Salat Id Pemkot Surabaya tak digelar akbar seperti biasanya

Surabaya, IDN Times - Di momen Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menggelar Salat Id secara intim bersama keluarganya, di rumah dinas Jl. Sedap Malam, Kamis (13/5/2021). Dalam kesempatan itu, Eri mengingatkan agar warganya senantiasa menaati protokol kesehatan agar pandemik COVID-19 segera usai.

1. Eri Salat Id di rumah dinas

Eri Salat Id Bersama Keluarga, Pesan Protokol Kesehatan Tetap DijagaWali Kota Surabaya Eri Cahyadi melaksanakan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah bersama keluarga di rumah dinas Jl. Sedap Malam. Dok. Humas Pemkot Surabaya

Prosesi Salat Id Eri bersama keluarganya digelar di Rumah Dinas Wali Kota Surabaya, Jalan Sedap Malam sekitar pukul 05.30 WIB. Ia salat bersama keluarga intinya yaitu istri serta dua orang anaknya. Ada pula kedua orangtua Eri yang juga ikut Salat Id.

Seusai salat, keluarga Eri melanjutkan tradisi saling bermaaf-maafan atau sungkeman. Masing-masing anggota keluarganya saling minta maaf dengan berlinang air mata.

"Alhamdulillah saya bersama orang tua, istri dan yang bekerja di kediaman sudah melaksanakan salat," ujar Eri seusai prosesi sungkeman, Kamis (13/5/2021).

Baca Juga: Takbir Keliling di Surabaya Dilarang, Siap-siap Dibubarkan Polisi

2. Bersyukur bisa Salat Id bersama keluarga

Eri Salat Id Bersama Keluarga, Pesan Protokol Kesehatan Tetap DijagaWali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Dok. IDN Times/Istimewa

Dalam kesempatan tersebut, Eri bersyukur dapat menggelar Salat Id bersama keluarga intinya dengan protokol kesehatan. Ia berharap, warga Kota Surabaya lain juga telah menjalankan rangkaian ibadah Idul Fitri dengan senantiasa menaati protokol kesehatan.

"Seperti yang kami sampaikan kemarin tidak perlu bersalaman yang terpenting saling memaafkan dan kembali ke fitri,” ungkap Eri.

 

3. Berpesan warga untuk tetap taat protokol kesehatan

Eri Salat Id Bersama Keluarga, Pesan Protokol Kesehatan Tetap DijagaWali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Dok. Humas Pemkot Surabaya

Salah satu tradisi Idul Fitri lainnya adalah halal bihalal atau mendatangi keluarga dan tetangga sembari meminta maaf. Eri pun berharap halal bihalal ini bisa dilaksanakan secara online untuk mengurangi mobilitas dan kontak dengan orang lain.

“Jadi cukup yang di rumah saja. Halal bihalal skala besarnya dapat dilakukan secara virtual atau online,” pesannya.

Baca Juga: Salat Id di Masjid Al-Akbar Surabaya, Khofifah: Sudah Sesuai Protokol

4. Eri gelar open house virtual

Eri Salat Id Bersama Keluarga, Pesan Protokol Kesehatan Tetap DijagaWali Kota Surabaya Eri Cahyadi menggelar silaturahim lebaran tahun ini secara virtual. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Eri pun mengajak seluruh warga untuk silaturahmi bersama dan open house yang digelar secara online. Warga dapat berkumpul secara online satu sama lain dan bercengkrama dengan Er melalui bit.ly/SilaturahmiCakEri atau bergabung melalui akun Instagram @Surabaya dan @sapawarga.

“Untuk Youtube juga bisa live streaming di akun Youtube Bangga Surabaya dan Youtube Sapawarga Kota Surabaya. Ayo rek saling maaf-memaafkan, Sampai ketemu nanti," pungkasnya.

Baca Juga: Kebijakan Berubah, Salat Idulfitri di Masjid Surabaya Diizinkan

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya