Drama Sinyal Internet, PDIP Batal Umumkan Calon Wali Kota Surabaya

Padahal DPD PDIP Jatim memang tidak bersiap untuk pengumuman

Surabaya, IDN Times - DPP PDI Perjuangan (PDIP) kembali batal mengumumkan rekomendasi bakal calon wali kota dan bakal calon wakil wali kota Surabaya, Jumat (28/8/2020). Kali ini alasannya adalah gangguan jaringan internet. Sehingga, DPD PDIP Jatim atau DPC PDIP Surabaya tak bisa tersambung ke DPP PIDP.

1. Puan sebut DPD PDIP Jatim terkendala jaringan internet

Drama Sinyal Internet, PDIP Batal Umumkan Calon Wali Kota SurabayaKetua DPP Bidang Politik PDIP Puan Maharani. YouTube/PDI Perjuangan

Pengumuman rekomendasi tahap keempat calon kepala daerah disampaikan oleh Ketua DPP Bidang Politik PDIP Puan Maharani kepada DPD dan DPC masing-masing daerah secara daring. Pengumuman ini juga disampaikan melalui siaran langsung YouTube dan Facebook PDIP.

Awalnya seluruh pengumuman berjalan lancar. Hanya Provinsi Jambi yang sempat terkendala, namun akhirnya bisa tersambung beberapa saat kemudian. Namun, setibanya di pengumuman Kota Surabaya, DPD PDIP Jatim dan DPC PDIP Surabaya sama-sama tidak tersambung.

"Jawa Timur ada? Jaringannya bermasalah tapi ada (perwakilannya) atau gak ada? Ada yang stand by hadir atau tidak ada sama sekali?," tanya Puan kepada operatornya.

2. Batal umumkan paslon Kota Surabaya hari ini

Drama Sinyal Internet, PDIP Batal Umumkan Calon Wali Kota SurabayaIlustrasi PDIP. Dok IDN Times/bt

Setelah beberapa menit menanti tanpa kejelasan, akhirnya Puan memutuskan untuk menunda pengumuman rekomendasi bakal calon wali kota dan bakal calon wakil wali kota Surabaya.

"Penundaan ini berlangsung hingga waktu yang belum pasti," katanya.

Namun ia mengaku sudah menyiapkan nama pasangan tersebut dalam sebuah surat yang ia pegang.

"Sudah ada suratnya. Namun karena belum tersambung, nanti akan diumumkan pada waktu yang akan ditentukan kembali. DPP PDI Perjuangan sudah mempunyai nama yang akan diajukan sebagai calon kepala dan wakil kepala daerah. PDIP siap untuk maju di Kota Surabaya," seru Puan.

Baca Juga: Rekom Tahap Empat PDIP untuk Pilkada Surabaya Diundur

3. DPD PDIP Jatim memang tidak siap-siap untuk pengumuman

Drama Sinyal Internet, PDIP Batal Umumkan Calon Wali Kota SurabayaWakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDIP Jatim Deni Wicaksono. IDN Times/Dok.Istimewa (Ist).

Namun ketika dikonfirmasi, Kepala BP Pemilu DPD PDI Perjuangan Jatim Deni Wicaksono mengatakan bahwa pihaknya tidak sedang terkendala jaringan. Sebab, sebenarnya mereka tidak bersiap-siap untuk pengumuman rekomendasi tersebut. Menurut Deni, hari ini tidak ada jadwal pengumuman cakada Kota Surabaya.

"Karena Jatim memang hari ini tidak ada pengumuman. Memang tidak siap-siap," ungkapnya.

4. Sebut tidak ada miskomunikasi

Drama Sinyal Internet, PDIP Batal Umumkan Calon Wali Kota SurabayaWakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDIP Jatim Deni Wicaksono. IDN Times/Dok.Istimewa

Deni kemudian tidak menjelaskan apa yang sedang terjadi sebenarnya antara DPP PDIP dan DPD PDIP Jatim, sehingga terjadi drama masalah jaringan internet tersebut. Ia hanya  mengatakan bahwa semuanya berjalan lancar dan terkomunikasi dengan baik. Pihaknya pun masih menunggu keputusan DPP PDIP untuk pengumuman paslon Kota Surabaya.

"Tidak, tidak ada miskomunikasi. Semuanya terkomunikasikan dengan baik kok," pungkasnya.

Baca Juga: Ditunda Lagi, Rekom PDIP untuk Pilkada Surabaya Turun Akhir Agustus

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya