Ditunda Lagi, Rekom PDIP untuk Pilkada Surabaya Turun Akhir Agustus

Masih mematangkan paslon

Surabaya, IDN Times - PDI Perjuangan (PDIP) kembali menunda pengumuman rekomendasi pasangan calon (paslon) tahap keempat untuk Pilkada 2020. Harusnya, partai berlambang kepala banteng bermoncong putih itu menurunkannya pada Senin (24/8/2020).

Meski belum pasti, penundaaan diperkirakan sampai akhir bulan ini. Nah, salah satu yang ditunda ialah Surabaya.

"Sampai hari ini (Senin) belum ada informasi masuk. Berarti kan ditunda," ujar Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD PDIP Jawa Timur (Jatim) Deni Wicaksono kepada IDN Times.

1. Semuanya ditunda karena ada yang belum tuntas

Ditunda Lagi, Rekom PDIP untuk Pilkada Surabaya Turun Akhir AgustusWakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDIP Jatim Deni Wicaksono. IDN Times/Dok.Istimewa (Ist).

Penundaan ini, lanjut Deni, bukan hanya untuk Jatim saja. Tapi semua daerah yang rekomnya belum turun. Pria yang juga menjadi anggota DPRD Jatim itu menyebut kalau DPP PDIP sedang mematangkan paslon yang belum tuntas. Sehingga, dapat diumumkan secara bersamaan.

"Jadi tahap akhir ini semuanya bareng. Ada beberapa daerah yang belum ada yang sudah. Ditunggu sampai sudah semuanya," kata dia.

2. Koalisi menjadi kendala, ada salah satu daerah di Jatim yang belum selesai

Ditunda Lagi, Rekom PDIP untuk Pilkada Surabaya Turun Akhir AgustusIlustrasi Pilwali Surabaya 2020 (IDN Times/Mardya Shakti)

Molornya rekomendasi bukan disebabkan oleh konsolidasi. Deni mengatakan bahwa beberapa daerah yang tak kunjung menentukan paslon ternyata terkendala koalisi. Dari lima daerah di Jatim yang belum diumumkan juga ada yang mengalami permasalah tersebut.

"Jadi masih membangun koalisi juga. Salah satu daerah di Jatim belum klir semua. Termasuk beberapa daerah di luar Jatim. Jadi intinya dirumuskan semua dulu. Ketika beres diumumkan di tahap keempat," tuturnya.

Baca Juga: Surabaya Jadi Daerah Khusus, Tanpa Daftar Bisa Dapat Rekom PDIP Lho!

3. Rencananya rekom turun akhir Agustus

Ditunda Lagi, Rekom PDIP untuk Pilkada Surabaya Turun Akhir AgustusWakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDIP Jatim Deni Wicaksono. IDN Times/Dok.Istimewa

Mengenai batas waktu penundaan, Deni tidak tahu secara rinci tanggalnya. Sebab, hal tersebut menjadi kewenangan mutlak DPP PDIP.

Yang jelas, dirinya hanya mendapat informasi awal kalau rekomendasi diturunkan bulan ini. Sebab, pada awal September sudah mulai pendaftaran paslon ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kalau hitungan saya dan pembahasan awal kami, Agustus selesai. Akhir bulan lah," ucapnya.

Sekadar diketahui, PDIP sudah memberikan rekomendasinya kepada 14 dari 19 daerah yang menggelar Pilkada 2020 di Jatim. Sehingga kurang lima daerah yang belum diumumkan. Yakni Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Jember, Situbondo, dan Pacitan. 

Baca Juga: Rekom Tahap Empat PDIP untuk Pilkada Surabaya Diundur

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya