Cerita Warga Magetan yang Sembuh COVID-19: Tetangga Rutin Antar Sayur

Harusnya begini, bukan malah didiskriminasi

Surabaya, IDN Times - Dua warga Magetan, Endang Lestari dan ibunya baru sembuh dari COVID-19. Kisah sakit mereka ternyata memberikan pelajaran berharga bagi warga Indonesia. Bagimana tidak, tetangga rumah Endang bergotong royong untuk membantunya agar segera pulih dari infeksi virus corona itu.

1. Endang dan ibunya tertular sang ayah

Cerita Warga Magetan yang Sembuh COVID-19: Tetangga Rutin Antar SayurIlustrasi virus corona. pixabay.com/illustrations

Saat melakukan video conference dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Endang menjelaskan bahwa mereka tertular virus corona dari sang almarhum ayah. Ayahnya diketahui terinfeksi virus corona setelah pulang dari sebuah seminar di Kota Bogor. Saat hasil tes swab belum keluar, Endang dan Ibunya merawat sang ayah.

"Kami juga sudah mengira bahwa kami juga akan tertular karena kami sangat close contact dengan ayah, karena kan kami merawat. Jadi kami merasa wajar dan menyiapkan mental jika dinyatakan terpapar," tutur Endang seperti yang dimuat dalam siaran pers Humas Pemprov Jatim, Jumat (17/4).

2. Tetangga mendukung keluarga Endang agar segera sembuh

Cerita Warga Magetan yang Sembuh COVID-19: Tetangga Rutin Antar SayurSayur yang disangkutkan oleh para tetangga untuk Endang yang sedang isolasi mandiri akibat positif COVID-19. IDN Times/ Dok Istimewa

Ibu Endang pun dilarikan ke rumah sakit. Sementara Endang merasa sehat meski ternyata juga positif COVID-19. Mereka juga sempat menjalani isolasi mandiri di rumah ketika sang Ayah dinyatakan positif hingga mereka sembuh.

Namun selama mereka menjalani karantina mandiri di rumah, masyarakat di sekitar tidak mendiskriminasi atau merundung mereka. Malahan, tiap hari para tetangga memberikan bahan makanan yang disangkutkan pada pagar rumah Endang.

"Jadi walaupun mereka (tetangga) menjaga jarak, mereka tetap menunjukkan solidaritas dengan sering menawari apa yang kami butuhkan, misalnya sayuran, lauk pauk, makanan. Mereka memberikan ke kami dengan dicantolkan ke pagar. Kami tidak bisa keluar rumah, maka mereka yang membelikan,” ujar Endang.

Baca Juga: Pemkab Magetan Gunakan Dana Tak Terduga untuk Atasi Wabah Covid-19

3. Khofifah minta warga Jatim tiru sikap tetangga Endang

Cerita Warga Magetan yang Sembuh COVID-19: Tetangga Rutin Antar SayurGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. IDN Times/Fitria Madia

Khofifah pun kagum dengan solidaritas yang dimiliki warga Dusun Panasan, Desa Mojopurno, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan itu. Ia kemudian meminta seluruh warga Indonesia, khususnya warga Jatim untuk meniru sikap yang dimiliki para tetangga Endang.

"Ini contoh yang sangat baik bagi warga Jawa Timur. Bahwa ada keguyuban dari warga Dusun Panasan saat ada satu keluarga di kampung mereka yang terinfeksi COVID-19 dan harus diisolasi. Warga di sana memberikan simpati dan empati yang luar biasa sebagai dukungan bagi warga yang terinfeksi agar bisa segera sumbuh,” ungkapnya.

Baca Juga: Pasien Positif Corona dari Magetan, Enam Sekeluarga dan Dua Pasutri

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya