Catat! Selama Nyepi Penerbangan dari Juanda ke Bali Ditiadakan

Yang mau liburan ditunda dulu ya, guys!

Surabaya, IDN Times - Seluruh penerbangan dari Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya menuju Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali tidak akan beroperasi selama 24 jam pada Kamis hingga Jumat (7-8/3) besok. Hal ini dikarenakan Hari Raya Nyepi yang dilaksanakan oleh mayoritas umat Hindu di Bali.

Baca Juga: Ditangkap di Juanda, Pengedar Narkoba Ethiopia Terancam Hukuman Mati

1. Penerbangan ke Bali akan ditiadakan selama Nyepi

Catat! Selama Nyepi Penerbangan dari Juanda ke Bali DitiadakanIDN Times/Reza Iqbal

 

Humas PT Angkasa Pura I Juanda Surabaya, Yuristo Ardi Hanggoro menerangkan bahwa tidak beroperasinya penerbangan dari Juanda ke Ngurah Rai merupakan kebijakan dari PT Angkasa Pura Ngurah Rai.

"Bukannya kami tutup. Tapi memang tidak beroperasi karena Bandara Ngurah Rai berhenti beroperasi sementara selama Nyepi," ujarnya saat dikonfirmasi IDN Times, Rabu (6/3).

2. Akan dibuka kembali pada Jumat

Catat! Selama Nyepi Penerbangan dari Juanda ke Bali DitiadakanIDN Times/Reza Iqbal

 

Yuristo melanjutkan, penerbangan akan mulai ditiadakan sejak Kamis (7/3) pukul 05.00 WIB. Berhentinya operasi penerbangan ini akan berlangsung selama 24 jam. Maka pelanggan dapat kembali mengakses penerbangan ke Ngurah Rai pada Jumat (8/3) pukul 05.00 WIB.

"Pun demikian sebaliknya dari Ngurah Rai ke Juanda. Tidak akan ada penerbangan dalam kurun waktu tersebut," imbuhnya.

3. Bandara Ngurah Rai ditutup dan telah diberitahukan ke seluruh dunia

Catat! Selama Nyepi Penerbangan dari Juanda ke Bali DitiadakanIDN Times/Imam Rosidin

 

Sementara itu, General Manager PT Angkasa Pura I Ngurah Rai Bali, Yunus Suprayogi menuturkan bahwa penutupan Bandara Ngurah Rai memang bertujuan untuk menghormati umat Hindu yang tengah beribadah Nyepi. Seluruh penerbangan baik internasional dan domestik pun ditiadakan.

"Terkait pengaturan jadwal penerbangan dari dan menuju Bali, kami telah bekerja sama dengan Airnav, dengan diterbitkannya Notice to Airmen (NOTAMN) Nomor A5144/18 NOTAMN yang berisi pemberitahuan kepada airline dan Bandar Udara di seluruh dunia bahwa kami akan melakukan penghentian sementara operasional Bandar Udara selama berlangsungnya Nyepi," jelasnya melalui siaran pers yang diterima IDN Times, Rabu (6/3).

4. Akan tetap bersedia untuk keadaan darurat

Catat! Selama Nyepi Penerbangan dari Juanda ke Bali DitiadakanIDN Times/Reza Iqbal

 

Meski penerbangan dihentikan, namun pihak Bandara tetap siaga dengan kondisi darurat. Bandara akan tetap dibuka untuk pendaratan darurat (emergency landing) dan evakuasi medis.

"Saat Nyepi nanti kami siapkan sebanyak 369 personel untuk siaga di Bandar Udara, di samping bantuan keamanan dari Polsek Kawasan Udara Ngurah Rai sebanyak 30 personel, dan TNI AU sebanyak 35 personel. Sejumlah institusi komunitas Bandar Udara lainnya juga akan tetap stand by di Bandar Udara," pungkasnya.

Baca Juga: Pesawat Asal Pontianak Tiba, Tandai Dibukanya Bandara Juanda

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya