Alun-alun Mulai Dibangun, Jalan Yos Sudarso Akan Ditutup Sementara

Mulai Kamis hingga Minggu

Surabaya, IDN Times - Pembangunan Alun-alun Surabaya akan dimulai. Pile Inegrity Test (PIT) atau tes untuk menentukan daya dukung tanah terhadap tiang pancang bangunan tersebut akan dimulai pada Kamis (20/6). Untuk itu, warga Surabaya akan mengalami kesulitan karena lokasi proyek di Jalan Yos Sudarso akan ditutup selama pengerjaan tes.

1. Tes akan dilakukan selama empat hari

Alun-alun Mulai Dibangun, Jalan Yos Sudarso Akan Ditutup SementaraIDN Times/Fitria Madia

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya, dan Tata Ruang Surabaya, Chalid Buhari menjelaskan bahwa tes PIT akan dilaksanakan selama empat hari. Pengerjaan tes dibagi dalam dua tahap yaitu sisi barat dan sisi timur.

"Jadi nanti sisi barat dulu dua hari. Kalah sudah nanti ditutup pakai plat. Dan dilanjutkan pengerjaan tes di sisi timur selama dua hari," terangnya di Kantor Humas Pemkot Surabaya, Selasa (18/6).

2. Untuk mengetahui saluran di area tersebut

Alun-alun Mulai Dibangun, Jalan Yos Sudarso Akan Ditutup SementaraIDN Times/Fitria Madia

Selain untuk mengenali daya dukung tanah, Chalid menjelaskan bahwa tes PIT juga bertujuan untuk mengidentifikasi utilitas milik PDAM, PGN, maupun saluran lain yang berada di area proyek alun-alun. Untuk mengetahui itu, setidaknya tanah akan digali sedalam 60 cm.

"Karena ada pengerjaan itu, maka kendaraan kan gak bisa lewat. Jadi terpaksa ditutup," lanjutnya.

Baca Juga: Transportasiku, Aplikasi Lalu Lintas Serba Ada untuk Warga Surabaya

3. Akan ada rekayasa lalu lintas

Alun-alun Mulai Dibangun, Jalan Yos Sudarso Akan Ditutup SementaraIDN Times/Fitria Madia

Di kesempatan yang sama, Kanit Dikyasa Satlantas Polrestabes Surabaya AKP Tirto mengatakan bahwa pihaknya sudah mengetahui hal tersebut. Ia telah mengatur rekayasa lalu lintas untuk mencegah kemacetan.

"Karena dikerjakannya gantian, jadi kita tutupnya juga bergantian untuk empat lajur itu. Dua hari pertama kita tutup dua lajur. Hari berikutnya juga dua lajur," terangnya.

4. Beberapa arus diubah

Alun-alun Mulai Dibangun, Jalan Yos Sudarso Akan Ditutup SementaraIDN Times/Fitria Madia

Untuk tahap pertama, kendaraan yang melalui Jalan Gubernur Suryo menuju Jalan Yos Sudarso yang seharusnya belok kiri akan diarahkan ke kiri menuju Jalan Panglima Sudirman. Pengendara bisa mencapai tujuannya melalui Jalan Kayoon atau Gubeng. Sementara untuk tahap kedua maka kendaraan dari Jalan Pemuda yang akan dibelokkan ke arah sebaliknya.

"Kita juga merekayasa beberapa jalan menjadi satu arah seperti Jalan Plaza Boulevard dan Jalan Ketabang Kali. Beberapa separator juga dipasang di Jalan Ngemplak dan Jalan Pemuda," jelasnya.

Baca Juga: Kisah Agus, Berlari dari Pasuruan-Surabaya 3 Hari Untuk Temui Khofifah

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya