Hasil Rekapitulasi Pilkada Lamongan, CEO Persela Pemenangnya

Pleno rekapitulasi penghitungan suara dilakukan dua hari

Lamongan, IDN Times - Pasangan calon (Paslon) Bupati Kabupaten Lamongan nomor urut 2 Yuhronur Efendi dan KH Abdul Rouf (YesBro) memperoleh suara terbanyak dibandingkan dua kandidat lainnya. Pasangan YesBro memperolehan 336.154 suara atau 42, 54 persen dari total jumlah pemilih.

Sedangkan paslon nomor urut 1 Suhandoyo - Astiti Suwarni meraih 296.667 suara atau 37, 54 persen dan Kartika Hidayati-Saim hanya memperoleh 157.296 suara, atau 19,91 persen.

1. Rapat pleno dilakukan selama dua hari

Hasil Rekapitulasi Pilkada Lamongan, CEO Persela PemenangnyaRekapitulasi penghitungan suara KPU. IDN Times/Imron

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan, Mahrus Ali mengatakan, rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten itu diikuti oleh 27 PPK di seluruh kecamatan di Lamongan. Rekapitulasi sendiri dilakukan selama dua hari, sejak Rabu hingga Kamis pagi.

"Alhamdulillah rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara yang kami mulai pukul 10:00 WIB Hari Rabu (16/12/2020), kemarin telah  mengesahkan perolehan suara masing-masing paslon," kata Mahrus Ali usai melakukan pleno, Kamis (17/12/2020).

2. Ada waktu 3 hari paslon bisa ajukan gugatan ke MK

Hasil Rekapitulasi Pilkada Lamongan, CEO Persela PemenangnyaKetua KPU Lamongan Mahrus Ali. IDN Times/Imron

Usai rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten dilaksanakan, KPU Lamongan masih menunggu kemungkinan adanya pasangan calon yang mengajukan Perselisihan Hasil Pemilhan Umum (PHPU) ke Mahkamah Konstitusi.  Jika tidak, maka KPU akan melakukan tahapan selanjutnya.

"Ada waktu tiga hari sejak ketok palu penetapan suara ini untuk mengajukan PHPU ke MK, jika tidak ada yang mengajukan ke MK, maka kita tinggal menunggu Buku Registrasi Perkara konstitusi (BPRK)," imbuhnya.

Untuk jumlah suara sah sendiri sebanyak 790.117, suara tidak sah 14.444 suara. Jadi total untuk suara sah dan suara tidak sah itu sebanyak 804.561 suara.

Baca Juga: Unggul Hitung Cepat, Yuhronur: Ini Kemenangan Masyarakat Lamongan

3. Hasil penghitungan suara antara KPU dan tim kemenangan tidak jauh berbeda

Hasil Rekapitulasi Pilkada Lamongan, CEO Persela PemenangnyaCabup Lamongan Yuhronur Efendi. IDN Times/Istimewa

Sementara itu, calon bupati terpilih, Yuhronur Efendi mengaku hasil rekapitulasi penghitungan suara antara KPU dan penghitungan yang dilakukan oleh tim kemenangan hampir sama dan tidak beda jauh.

Menurut pria yang juga Chief Executive Officer (CEO) Persela ini, kemenangan yang diraih oleh Yuhronur-Abdul Rouf merupakan kerja keras semua tim dan relawan kemenangan. Usai ditetapkan sebagai pasangan yang unggul, Yuhronur Efendi meminta kepada semua relawan agar tidak menggelar pesta atau syukuran kemenangan yang berlebihan.

"Jangan terlalu bereuforia, tetap bersyukur atas kemenangan ini," ujarnya.

Ditanya soal komunikasi dengan pasangan lain, Yuhronur mengatakan bahwa saat ini baru Kartika yang menghubunginya. Namun, ia tak merinci pembicaraan mereka.

Baca Juga: Sebelum Nyoblos, Cabup Yuhronur Borong Bubur dan Bagikan ke Warga

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya