Ini Protokol yang Diterapkan Masjid Agung Lamongan saat Salat Iduladha

Sediakan kantung plastik hingga masker

Lamongan, IDN Times - Pengurus Masjid Agung Lamongan akan membagikan 3.000 lebih kantong plastik saat pelaksanaan salat Iduladha. Kantong plastik itu akan dipakai untuk menyimpan sandal para jemaah supaya tidak terjadi kerumunan saat meninggalkan masjid.

1. Jumlah jemaah dibatasi 3.000 orang

Ini Protokol yang Diterapkan Masjid Agung Lamongan saat Salat IduladhaMasjid Agung Lamongan. IDN Times/Imron

Masjid yang berlokasi di tengah jantung Kabupaten Lamongan tersebut sebenarnya bisa menampung jemaah sebanyak 6.000 orang. Namun karena pandemik COVID-19, kapasitas jemaah salat Iduladha akan dibatasi menjadi 3.000 orang.

"Sudah kami persiapkan protokol kesehatan secara ketat, termasuk pada saat pelaksanaan salat Iduladha nanti. Sebagai antisipasi membludaknya jemaah, kami akan tambah kantong plastik. Ini berkaca pada pengalaman Hari Raya Idulfitri lalu, jemaah membludak hingga alun-alun," jelas Ketua Gugus Tugas COVID-19 Masjid Agung Lamongan Tsalits Fahami, Jumat (24/7/2020).

2. Sediakan ribuan masker gratis bagi jamaah  

Ini Protokol yang Diterapkan Masjid Agung Lamongan saat Salat IduladhaMasjid Agung Lamongan. IDN Times/Imron

Nantinya, petugas akan mengecek suhu tubuh jemaah sebelum masuk masjid. Selain itu, pengurus masjid akan menyiapkan ribuan masker. Sebagai antisipasi jika ada jemaah yang lupa membawa masker. Selain itu, para jemaah juga diharuskan untuk menjaga kebersihan tangan, baik mencuci dengan mengunakan air dan sabun, maupun hand sanitizer. "Kami nanti akan siapkan tisu dan masker," jelasnya

Baca Juga: Masjid Al Akbar Hanya Sediakan Kuota 5 Ribu Jemaah Salat Iduladha

3. Pembersihan dilakukan dua kali sehari

Ini Protokol yang Diterapkan Masjid Agung Lamongan saat Salat IduladhaPetugas kebersihan masjid menyemprotkan cairan disinfektan. IDN Times/Imron

Sejak adanya virus corona, kebersihan masjid agung terus dijaga. Petugas menyemprotkan cairan disinfektan dua kali sehari, pukul 08.00 dan pukul 16.00 atau setelah selesai salat Ashar.

"Kami pel lantainya dua kali sehari. Alhamdulillah untuk cairan disinfektan kami juga mendapatkan bantuan," katanya.

4. Petugas penyembelih hewan kurban harus pakai APD

Ini Protokol yang Diterapkan Masjid Agung Lamongan saat Salat IduladhaMasjid Agung Lamongan. IDN Times/Imron

Sementara untuk proses penyembelihan hewan kurban, 50 orang yang bertugas memotong hewan akan mengenakan pakaian APD lengkap. Pembagian daging kurban juga tidak melalui kupon seperti tahun lalu. Daging hewan sembelihan akan diantar langsung oleh petugas ke rumah masing-masing sesuai alamat penerima kurban. Untuk penyembelihan sendiri akan dilakukan selama dua hari.

"Karena bertepatan dengan hari Jumat, maka proses penyembelihan hewan kurban setelah salat Jumat dan pada Sabtu pagi," ucap Tsalits.

Baca Juga: Wali Kota Malang Terbitkan SE, Panitia Kurban Wajib Patuhi Ini   

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya