Dua Pekan Jelang Natal, Harga Kebutuhan Pokok di Lamongan Mulai Naik

Kenaikannya bervariasi

Lamongan, IDN Times - Dua pekan menjelang perayaan Natal, sejumlah harga kebutuhan pokok di Kabupaten Lamongan mengalami kenaikan. Seperti yang terjadi di pasar tradisional Desa Centini, Kecamatan Laren. Kenaikan harga kebutuhan pokok bervariasi, mulai Rp2.500 hingga 5 ribu.

1. Kenaikan harga kebutuhan pokok berimbas pada sepinya pembeli

Dua Pekan Jelang Natal, Harga Kebutuhan Pokok di Lamongan Mulai NaikSutik pedagang Pasar Kriyek di Lamongan. IDN Times/Imron
Sutik (59), salah satu pedagang sembako mengaku, kenaikan harga kebutuhan pokok berimbas pada sepinya pembeli yang datang ke lapak miliknya. Meski begitu, Sutik pun tetap berjualan karena khawatir barang kebutuhan pokok seperti bawang, cabai, dan sayur-sayuran bisa busuk.
 
"Sepi dik, tapi tetap berjualan. Kalau hari-hari biasanya ya lumayan ramai, banyak pembeli, tapi beberapa hari jelang tahun baru ini agak sepi," katanya, Senin (14/12/2020).

2. Harga cabai sudah naik sejak sebulan lalu

Dua Pekan Jelang Natal, Harga Kebutuhan Pokok di Lamongan Mulai NaikSutik pedagang Pasar Kriyek di Lamongan. IDN Times/Imron
Harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan adalah telur ayam dari Rp23 ribu kini menjadi 27 ribu per kilogram, bawang merah dari Rp20 ribu kini menjadi 23 ribu per kilogram, lalu gula pasir dari Rp11 ribu naik menjadi Rp12 ribu.
 
"Untuk harga cabai sendiri harganya masih Rp45 ribu, ini juga naik, padahal semula hanya Rp20 ribu saja. Kenaikan cabai sudah berlangsung sejak satu bulan yang lalu," terangnya.

Baca Juga: Bertambah, Total Sudah Ada 16 Anggota DPRD Lamongan Positif COVID-19

3. Kenaikan harga kebutuhan pokok sering terjadi saat pergantian tahun

Dua Pekan Jelang Natal, Harga Kebutuhan Pokok di Lamongan Mulai NaikSutik pedagang Pasar Kriyek di Lamongan. IDN Times/Imron

Untuk harga kebutuhan pokok lainnya seperti beras, minyak kemasan, dan bawang putih tidak mengalami kenaikan. Sutik mengaku, kenaikan harga sudah biasa terjadi saat pergantian tahun. 

"Mungkin bisa jadi faktor cuaca, tapi kenaikan harga sudah lumrah terjadi," katanya.

4. Harga ayam potong juga mengalami kenaikan

Dua Pekan Jelang Natal, Harga Kebutuhan Pokok di Lamongan Mulai NaikSiti pedagang ayam potong di Pasar Lamongan. IDN Times/Imron
Tak hanya harga kebutuhan pokok saja, harga ayam juga naik. Untuk ayam potong naik dari Rp25 ribu menjadi Rp33 ribu per kilogram. 
 
"Naik mas, ayam potong dan ayam super. Tapi meskipun naik, kami para pedagang masih menjual ayam seperti harga semula," kata Siti, salah satu penjual ayam.

Baca Juga: Disnak Jatim Pastikan Stok Daging dan Telur Melimpah pada Nataru

Imron Saputra Photo Verified Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya