Tugu Perguruan Silat di Tulungagung Ini Batal Dirobohkan

Sebelumnya Tugu Perguruan Silat sepakat dirobohkan

Tulungagung, IDN Times - Rencana penertiban tugu perguruan silat di Desa Nglampir, Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung batal terlaksana. Sebelumnya para anggota perguruan silat serta pemuda di desa tersebut sepakat akan merobohkan tugu ini. Namun mereka berubah pikiran dan meminta tugu di alih fungsikan saja menjadi tugu pancasila. Mereka juga meminta waktu sepekan untuk mendiskusikan hal ini kembali.

1. Anggota perguruan silat sepakat tugu dirobohkan

Tugu Perguruan Silat di Tulungagung Ini Batal DirobohkanPemerintah Desa berdiskusi dengan aparat terkait rencana perobohan tugu perguruan silat. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kepala Desa Nglampir, Subandi mengatakan dalam beberapa pertemuan sebelumnya mereka telah menyepakati untuk merobohkan tugu yang dibangun pada tahun 2014 lalu. Pihak desa juga sepakat memberi kompensasi berupa bangunan padepokan.

"Kita lalu melaporkan ke kepolisan terkait hal ini, rencananya hari ini akan dilakukan pembongkaran," ujarnya, Senin (11/09/2023).

Baca Juga: Anggota Perguruan Silat di Tulungagung Bongkar Logo Tugu

2. Terpengaruh dari luar tugu minta di alih fungsikan

Tugu Perguruan Silat di Tulungagung Ini Batal DirobohkanTugu perguruan silat yang tidak jadi dirobohkan. IDN Times/ istimewa

Namun ternyata anggota perguruan silat ini berubah pikiran. Mereka meminta waktu untuk mendiskusikan hal ini. Tugu perguruan silat ini juga tidak jadi dirobohkan dan akan di alih fungsikan menjadi tugu pancasila. Subandi menduga berubahnya sikap anggota perguruan silat ini karena ada pengaruh dari orang luar desa.

"Tadi sebenarnya sudah siap tapi ternyata mereka berubah pikiran dan meminta waktu seminggu untuk membahas hal ini," tuturnya.

3. Sebanyak 7 tugu perguruan silat sudah ditertibkan

Tugu Perguruan Silat di Tulungagung Ini Batal DirobohkanPolisi berjaga di sekitar lokasi tugu perguruan silat. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Sementara itu, Kasat Intelkam Polres Tulungagung, AKP Huwahila Wahyun Yuha menerangkan hingga saat ini sudah terdapat 7 tugu perguruan silat yang sudah ditertibkan. Proses penertiban ini dilakukan oleh anggota perguruan silat tersebut. Total terdapat 45 tugu perguruan silat yang berada di lahan umum. Tugu tersebut menjadi sasaran penertiban.

"Sebenarnya total tugu ada 112 buah namun setelah diidentifikasi ternyata mayoritas berada di lahan pribadi," pungkasnya.

Baca Juga: Tugu Perguruan Silat di Tulungagung Segera Ditertibkan

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya