Sapu Bersih Rekomendasi Partai, Putra Pramono Anung Calon Tunggal

PPP serahkan rekomendasi terakhir

Kediri, IDN Times - Pasangan Hanindhito Himawan Pramana dan Dewi Maria Ulfa dipastikan akan melawan bumbung kosong dalam Pilkada Kabupaten Kediri tahun ini. Hanindhito yang merupakan putra dari Sekretaris Kabinet Pramono Anung itu memborong semua rekomendasi partai pemilik kursi di DPRD Kabupaten Kediri. Partai terakhir yang memberikan rekomendasi kepada pasangan ini adalah PPP. Pemberian rekomendasi dilakukan di kantor DPW PPP Jawa Timur dan diterima langsung oleh Dwi Maria Ulfa, Kamis malam (3/9/2020).

1. Pemberian rekomendasi hasil pertimbangan DPP

Sapu Bersih Rekomendasi Partai, Putra Pramono Anung Calon TunggalBakal Calon Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramono (Dok. PDI Perjuangan)

Ketua DPC PPP Kabupaten Kediri Taufik Chavifudin menjelaskan, pemberian rekomendasi tersebut merupakan kewenangan dari DPP Pusat. Sebelumnya, mereka telah melaporkan kondisi dinamika politik yang terjadi selama ini. DPP kemudian memberikan pertimbangan untuk ikut mendukung pasangan tersebut.

"Ini adalah keputusan dari DPP Pusat. Kami sudah memberikan laporan terkait dinamika politik di Kabupaten Kediri," jelanya, Jumat (4/9/2020).

2. DPC sudah berikan pertimbangan ke DPP

Sapu Bersih Rekomendasi Partai, Putra Pramono Anung Calon TunggalPPP menyerahkan rekomendasi ke pasangan Hanindhito Himawan Pramana dan Dewi Maria Ulfa , IDN Times/ istimewa

Sebelumnya pihak DPC telah menyampaikan ke DPP untuk tahun ini sebaiknya tidak memberikan rekomendasi dan tidak masuk ke dalam koalisi besar. Minimnya jumlah kursi yang diperoleh PPP dan bergabungnya seluruh partai dalam koalisi tersebut menjadi salah satu alasannya. Namun ternyata, DPP mempunyai pertimbangan sendiri sehingga memutuskan untuk menurunkan rekomendasi dan bergabung dengan koalisi.

"Untuk alasan DPP kami tidak tahu pasti. Namun, kami positive thinking saja, Mas Dhito berhasil mempersatukan semua partai," tuturnya.

Baca Juga: Anak Pramono Anung Dikabarkan Maju Pilkada, PDIP Kediri Tunggu DPP

3. Perolehan kursi DPRD minim, tidak membuka penjaringan

Sapu Bersih Rekomendasi Partai, Putra Pramono Anung Calon Tunggalilustrasi Pilkada serentak 2020, IDN Times/ istimewa

Minimnya jumlah raihan kursi di DPRD membuat DPC PPP tidak membuka penjaringan pada pilkada tahun ini. Meskipun begitu, Taufik menambahkan, terdapat 7 orang yang menghubunginya untuk mendapatkan rekomendasi partai. Nama mereka sudah diserahkan ke DPP sebagai bahan pertimbangan.

"Meskipun tidak membuka penjaringan, namun kami tetap menyampaikan kondisi politik yang ada ke DPP," imbuhnya.

4. Direncanakan mendaftar hari ini

Sapu Bersih Rekomendasi Partai, Putra Pramono Anung Calon TunggalHanindhito Himawan Pramana dan Dewi Maria Ulfa saat menerima rekomendasi dari PDIP, IDN Times/ istimewa

Dengan bergabungnya PPP di gerbong koalisi tersebut, pasangan Dhito-Dewi berhasil menyapu bersih rekomendasi. Pasangan ini berhasil meraih dukungan dari partai politik pemilik kursi parlemen di DPRD Kabupaten Kediri.

Ada 9 partai politik pemilik kursi parlemen di DPRD Kabupaten Kediri periode 2019–2024. Yakni PDIP, PKB, Partai NasDem, Partai Gerindra, PAN, PKS, Golkar, Demokrat, dan PPP. Pasangan tersebut direncanakan akan mendaftar ke KPU setempat Jumat siang.

Baca Juga: Pilkada Kab Kediri, 3 Partai Gabung PDIP Usung Anak Pramono Anung

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya