Perketat Penjagaan, Polres Kediri Minta Pemudik Putar Balik

Masih ada yang mau nekat?

Kediri, IDN Times- Petugas gabungan dari Satlantas Polres Kediri, TNI dan Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri memperketat penjagaan di titik check point wilayah perbatasan. Mereka menolak sejumlah kendaraan yang hendak masuk ke Kediri.

Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus Corona dan pemudik masuk Kabupaten Kediri. Terlebih pemerintah pusat telah resmi melarang masyarakat untuk mudik lebaran.

1. Sebanyak 20 kendaraan pemudik disuruh putar balik

Perketat Penjagaan, Polres Kediri Minta Pemudik Putar BalikPolres Kediri perketat penjagaan di titik check point, IDN Times/ istimewa

Kasatlantas Polres Kediri, AKP Hendrix K Wardana menjelaskan terdapat tiga titik check point yang diperketat penjagaannya. Ketiganya terletak di wilayah pintu masuk ke Kediri yakni check point Badas, Mengkreng dan Katang. Petugas gabungan yang sudah bersiaga selama 24 jam langsung melakukan pemeriksaan dan wawancara singkat terhadap pengemudi maupun penumpang yang akan masuk ke Kabupaten Kediri. Hasilnya terdapat sekitar 20 mobil yang diminta putar balik dan dilarang masuk Kediri.

"Jadi anggota sejak kemarin sudah bersiaga di sejumlah Check Point pintu masuk baik jalan tembus maupun jalan utama Kediri, hasilnya ada sekitar 20 lebih mobil angkutan dan pribadi yang kita minta untuk putar balik dan tidak masuk Kediri, karena mereka berniat mudik," ujarnya, Sabtu (25/4).

2. Mayoritas pemudik dari Surabaya

Perketat Penjagaan, Polres Kediri Minta Pemudik Putar BalikPolres Kediri perketat penjagaan di titik check point, IDN Times/ istimewa

Dari hasil pemeriksaan dokumen, mayoritas pemudik berasal dari Kota Surabaya. Mereka hendak mudik ke sejumlah wilayah di Kabupaten Kediri. Tidak hanya pemeriksaan dokumen, petugas juga melakukan pemeriksaan kesehatan, dan riwayat perjalanan.

Meskipun begitu, petugas  tidak melarang sejumlah kendaraan dan penumpang yang dapat menunjukkan dokumen pribadi maupun penjelasan yang bersangkutan tidak mudik dan dalam kondisi sehat. "Jika hanya melintas saja dan tidak bermaksud mudik kami perbolehkan masuk, tapi kalau ada tanda tanda hendak mudik kami memintanya putar balik," imbuhnya.

3. Imbau tidak lakukan mudik lebaran

Perketat Penjagaan, Polres Kediri Minta Pemudik Putar BalikPolres Kediri perketat penjagaan di titik check point, IDN Times/ istimewa

Polisi juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan mudik lebaran. Hal ini perlu dilakukan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Meskipun dalam kondisi sehat, namun mereka tetap diminta tidak melakukan bepergian dan lebih banyak melakukan aktivitas di dalam rumah.

"Kegiatan semacam ini akan terus kita lakukan selain mencegah penyebaran COVID 19, juga dalam rangka memberi rasa aman, nyaman warga saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan," pungkasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Tambah 34 Kasus Positif COVID-19 di Jatim, Kediri 8 Pasien

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya