Penganiayaan Hingga Tewas, 4 Narapidana di Lapas Kediri Dipindah

Mereka diduga merupakan provokator

Kediri, IDN Times - Lapas Klas II A Kediri memindahkan empat narapidana pasca kasus penganiayaan yang menyebabkan salah satu warga binaan tewas. Mereka dipindah ke Lapas Blitar. Keempatnya diduga menjadi provokator dalam kasus tersebut. Sementara, hingga terdapat 3 narapidana lain yang sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh kepolisian.

1. Merupakan narapidana kasus narkoba

Penganiayaan Hingga Tewas, 4 Narapidana di Lapas Kediri DipindahLapas Klas II A Kediri. IDN Times/ istimewa

Kalapas Kediri, Asih Widodo mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan mereka menemukan adanya 4 narapidana yang diduga menjadi provokator. Mereka merupakan narapidana kasus narkoba.

Setelah melakukan koordinasi, pihak Lapas memutuskan untuk memindahkan keempat narapidana ini. “Kemarin itu ada 4 warga binaan kita yang diduga dia adalah provokator, untuk ke depannya, ini sangat berbahaya kan,” ujarnya, Selasa (01/11/2022).

2. Upaya menjaga situasi Lapas kondusif

Penganiayaan Hingga Tewas, 4 Narapidana di Lapas Kediri DipindahIlustrasi narapidana (IDN Times/Arief Rahmat) Sri Wibisono Verified

Menurut Asih, keempat narapidana ini berpotensi memanaskan suasana di dalam tahanan, sehingga rawan terjadi kasus serupa. Pemindahan narapidana tersebut juga merupakan upaya pihak Lapas untuk menjaga kondusifitas di dalam pasca kejadian ini.

“Ini bibit, kita kan deteksi dini, bibit kemudian dia akan provokator, kita juga khawatir dengan yang lain akan terpancing karena bibit ini sudah terdeteksi petugas,” tuturnya.

3. Tersangka ditempatkan di sel khusus

Penganiayaan Hingga Tewas, 4 Narapidana di Lapas Kediri DipindahLapas Klas II A Kediri. IDN Times/ istimewa

Pihak Lapas sendiri meningkatkan penjagaan dan keamanan di lingkungan sel tahanan. Dua sift disiagakan untuk menjaga situasi tetap aman. Sementara itu untuk tiga narapidana yang sudah ditetapkan sebagai tersangka yakni BO, HG dan SE, kini telah diasingkan. Mereka ditempatkan di sel khusus di Lapas Kediri tersebut untuk menghindari hal-hal buruk terjadi. “Sudah kita asingkan dan ditempatkan dalam sel khusus," pungkasnya.

Sebelumnya, seorang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II A Kediri tewas akibat dikeroyok oleh narapidana lain di kamar B10 blok narkoba. Peristiwa itu terjadi, pada Sabtu (29/10/2022) usai salah Dhuhur. M, napi narkoba asal Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri tewas dalam perawatan di RS Bhayangkara Kediri pada sore harinya, dengan luka di kepalanya. Persitiwa itu diduga dipicu saling ejek dan permasalahan pribadi antar napi di luar Lapas.

Baca Juga: 3 Warga di Tulungagung Tewas Saat Kerja Bakti Bersihkan Longsor

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya