Pasien Positif COVID-19 di Tulungagung Bertambah Empat Orang

Total kasus positif corona menjadi 22 orang

Tulungagung, IDN Times - Pasien positif virus corona di Tulungagung kembali bertambah. Sebanyak empat orang dinyatakan positif COVID-19 Selasa (29/4). Pasien baru ini berasal dari dua Kecamatan, yakni Sumbergempol dan Kedungwaru. Dari jumlah ini, tiga pasien diketahui mempunyai riwayat kontak erat dengan dua pasien positif sebelumnya. Sedangkan satu pasien masih belum diketahui asal klaster penularannya.

1. Tiga pasien baru mempunyai riwayat kontak erat dengan pasien positif sebelumnya

Pasien Positif COVID-19 di Tulungagung Bertambah Empat OrangIlustrasi virus corona. (IDN Times/Mia Amalia)

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Tulungagung, Bambang Triono menjelaskan, dua pasien asal Kecamatan Sumbergempol merupakan saudara dari pasien positif dari Desa Jabalsari.

Sedangkan satu pasien asal Kecamatan Kedungwaru diketahui merupakan istri salah satu pasien positif. "Yang satu lagi masih kita telusuri klaster penularannya, semoga bukan merupakan klaster baru," ujarnya, Selasa (28/04) malam.

2. Tunggu hasil swab belasan warga reaktif rapid test

Pasien Positif COVID-19 di Tulungagung Bertambah Empat OrangIlustrasi virus corona. Dok. Pixabay

Tiga orang pasien baru tersebut saat ini menjalani karantina di Rusunawa IAIN Tulungagung. Sedangkan satu lainnya dirawat di sebuah fasilitas kesehatan. Tim medis sendiri masih terus melakukan tracing untuk mengetahui warga yang mempunyai kontak erat dengan pasien positif ini.

Mereka juga masih menunggu hasil tes swab terhadap sejumlah warga Desa Jabalsari yang dinyatakan reaktif saat menjalani rapid test. "Ada sekitar 14 warga yang hasil tes swab nya belum keluar," imbuhnya.

Baca Juga: Empat Petugas Medis di Tulungagung Dinyatakan Sembuh COVID-19

3. Ada 11 Kecamatan yang dinyatakan zona merah

Pasien Positif COVID-19 di Tulungagung Bertambah Empat OrangPeta sebaran kasus COVID-19 di Tulungagung, IDN Times/ istimewa

Dengan tambahan pasien baru ini, total jumlah kasus positif COVID-19 di Tulungagung sebanyak 22 orang. Dari jumlah ini 4 orang di antaranya dinyatakan negatif dan sembuh.  Sedangkan untuk Orang Dalam Pemantuan (ODP) sebanyak 1034 dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 315 orang. Dari total 19 Kecamatan yang ada, 11 diantaranya telah dinyatakan sebagai zona merah. 

Baca Juga: Satu Desa Dikarantina, Pemkab Tulungagung Beri Bantuan Paket Sembako

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya