Kondisi Membaik, PDP asal Jerman di RSUD Tulungagung Dipulangkan

Tim medis masih pantau kondisi kesehatan

Tulungagung, IDN Times - Warga Negara Asing (WNA) asal Jerman yang sempat menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Dr. Iskak Tulungagung akhirnya dipulangkan. Kondisi kesehatannya pasien berinisial IG (53) tersebut membaik. Ia pun langsung dijemput keluarganya.

1. Kondisi klinis sehat, pasien karantina mandiri

Kondisi Membaik, PDP asal Jerman di RSUD Tulungagung DipulangkanRuang isolasi RSUD Dr Iskak. IDN Times/Bramanta Pamungkas.

Kepala Instalasi IGD RSUD Dr. Iskak Tulungagung, dr. Bobi Prabowo menjelaskan, meskipun hasil uji laboratorium terhadap sampel swab belum keluar, namun dari hasil pemeriksaan pasien diketahui dalam kondisi sehat klinis.

Pasien tersebut pun bisa menjalani karantina mandiri selama 14 hari di rumah. "Penanganan ini sesuai dengan prosedur yang berlaku, jadi tidak semua pasien positif corona dirawat di rumah sakit. Bagi mereka yang kondisi kesehatannya baik bisa melakukan karantina di rumah," ujarnya, Selasa (24/03).

2. Koordinasi dengan pihak keluarga

Kondisi Membaik, PDP asal Jerman di RSUD Tulungagung DipulangkanPetugas merawat pasien diduga corona Februari lalu. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Pihak rumah sakit juga terus melakukan pemantauan terhadap kondisi kesehatan WNA tersebut. Keluarga pasien memberikan alamat kepada tim medis, dan melaporkan perkembangan setiap hari ke tim medis.

Jika kondisi tidak berangsung membaik selama dua pekan, tim dari rumah sakit akan menjemputnya. "Kami tidak melepasnya langsung, namun terus kita pantau kondisi kesehatannya selama 14 hari," imbuhnya.

Baca Juga: WNA Asal Jerman Dirawat di Ruang Isolasi RSUD Dr Iskak Tulungagung

3. Virus bisa dikalahkan dengan sistem imun

Kondisi Membaik, PDP asal Jerman di RSUD Tulungagung DipulangkanGambar ilustrasi virus corona (IDN Times/ istimewa)

Jika dalam 14 hari kedepan pasien dalam kondisi sehat, mereka bisa memastikan bahya yang bersangkutan negatif corona. Selama 14 hari sistem imun dalam tubuh akan berusaha melawan virus tersebut. "Virus ini bisa dikalahkan dengan sistem imun dalam tubuh, jika 14 hari kondisi sehat maka pasien negatif corona," pungkasnya.

Baca Juga: Kondisi Backpacker Asal Jerman Membaik, Tunggu Hasil Tes Corona

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya