Bupati Trenggalek Umumkan Kasus Kedua Positif COVID-19

Mempunyai riwayat perjalanan dari Surabaya

Trenggalek, IDN Times - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Trenggalek mengumumkan temuan pasien positif COVID-19. Pasien 02 Trenggalek ini diketahui berjenis kelamin laki laki dan berusia 57 tahun. Pasien merupakan warga Kecamatan Durenan.

Dengan adanya tambahan ini, total kasus COVID-19 di Trenggalek saat ini sebanyak 2 orang. Pasien pertama telah dinyatakan negatif dan sembuh.

1. Belum diketahui asal klaster penularan

Bupati Trenggalek Umumkan Kasus Kedua Positif COVID-19Ilustrasi virus corona. (IDN Times/Mia Amalia)

Melalui video conference, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menerangkan, belum diketahui pasti klaster pasien baru ini. Pihaknya terus melakukan tracing untuk menemukan kontak erat dengan pasien. Hasilnya, mereka menemukan lima orang yang memiliki riwayat kontak. Kelimanya telah di-rapid test dan hasilnya negatif.

"Setelah pasien 01 dinyatakan sembuh pada hari ini terdapat 1 pasien yang terkonfirmasi positif lagi yang disebut dengan pasien 02," ujarnya, Minggu malam (26/4).

2. Pasien berinisiatif memeriksakan diri

Bupati Trenggalek Umumkan Kasus Kedua Positif COVID-19Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Pasien diketahui mempunyai riwayat berkunjung ke Surabaya pada tanggal 5 April lalu. Kemudian pada 11 April, pasien merasa tidak enak badan dan memutuskan pulang dari Surabaya. Saat pulang, pasien langsung menuju ke fasilitas kesehatan, sebuah rumah sakit swasta yang ada di Kabupaten Tulungagung dan disarankan untuk melakukan rawat jalan. Karena kondisinya tidak berangsur membaik, pasien kemudian menjalani pemeriksaan dan pengambilan swab di RSUD Dr Iskak Tulungagung.

"Pasien kemudian dinyatakan sehat, namun karena hasil pemeriksaan swab belum keluar, yang bersangkutan menjalani karantina di Rusunawa IAIN Tulungagung," imbuhnya.

Baca Juga: Pemkab Trenggalek Berikan Insentif pada Warganya yang Tidak Mudik

3. Hari ini akan kembali lakukan tes swab

Bupati Trenggalek Umumkan Kasus Kedua Positif COVID-19Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin mengumumkan kasus positif corona , IDN Times/ istimewa

Menyikapi kasus baru pasien terkonfirmasi positif ini pihak pemkab mengambil sejumlah langkah. Pasien rencananya akan dijemput dan diisolasi di rumah sakit Trenggalek. Mereka juga menunjuk penghubung khusus guna memantau kesehatan dan kebutuhan sehari-hari keluarga pasien 02, serta memberikan bantuan sosial bagi warga yang terdampak penetapan zona physical distancing. "Senin ini akan dilakukan swab test kedua bagi pasien 02 ini di RSUD dr. Iskak Tulungagung," pungkas bupati kelahiran Surabaya tersebut.

Baca Juga: Pasien Positif COVID-19 Trenggalek Dinyatakan Sembuh

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya