Wahana Wisata Edukasi Kampung Coklat di Blitar Terbakar

Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta

Blitar, IDN Times - Wisata Kampung Coklat yang terletak di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar terbakar, Rabu (26/4/2023). Sebanyak lima unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan kobaran api. Setelah berusaha memadamkan selama 4 jam, kobaran api berhasil dipadamkan petugas. Korsleting alias hubungan pendek arus listrik diduga kuat menjadi pemicu kebakaran ini. Tidak ada korban jida dalam peristiwa tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

1. Kebakaran terjadi dini hari pukul 01.30 WIB

Wahana Wisata Edukasi Kampung Coklat di Blitar TerbakarKampung coklat di Blitar terbakar. IDN Times/ istimewa

Kasi Pencegahan dan Investigasi Kebakaran Damkar Pemkab Blitar Tedy Prasojo, mengatakan peristiwa kebakaran ini terjadi dini hari tadi sekitar pukul 01.30 WIB. Karena laporan kebakaran sangat besar, maka pihaknya menurunkan lima unit mobil pemadam dan tiga unit mobil tangki supply air ke lokasi kejadian.

Dua unit mobil damkar merupakan milik Pemkab Blitar. Sementara tiga lainnya milik Pemkot Blitar. Sedangkan mobil tangki supply air berasal dari milik BPBD Kabupaten Blitar, dan dua unit milik BPBD Pemkot Blitar.

"Awal api muncul dari ruangan packing coklat, di sisi Utara pintu masuk sebelah barat. Lalu api cepat menjalar dan menyebar cukup luas ke arah timur sampai areal wahana permainan anak-anak," ujarnya, Rabu (26/04/2023).

Baca Juga: Kakek di Blitar Tewas Tertimpa Material Longsor Saat Tidur

2. Butuh waktu hingga 4 jam untuk memadamkan api

Wahana Wisata Edukasi Kampung Coklat di Blitar TerbakarPetugas memadamkan kobaran api di kampung coklat Blitar. IDN Times/ istimewa

Petugas damkar dibantu warga setempat berjibaku memadamkan kobaran api. Banyaknya material mudah terbakar di sekitar lokasi kejadian menyebabkan api dapat mudah menyebar.

Sejak muncul kobaran api sekitar pukul 01.00 WIB, api baru bisa benar-benar padam sekitar pukul 04.30 WIB.  "Kalau dari hasil investigasi awal kami, api muncul dari korsleting aliran listrik di ruang packing coklat. Tapi kita tunggu saja hasil laporan pihak kepolisian supaya lebih valid," tuturnya.

3. Wisata kampung coklat tetap beroperasi

Wahana Wisata Edukasi Kampung Coklat di Blitar TerbakarScrenshoot video kebakaran di kampung coklat Blitar. IDN Times/ istimewa

Sementara itu owner Kampung Coklat, Kholid Mustafa mengatakan kebakaran ini dipicu oleh rice cooker yang tidak dicabut. Rice cooker ini berada di area cooking class. Area yang terbakar mencapai 5 persen dari total luasan kampung coklat.

Meskipun begitu kebakaran ini tidak menutup operasional wahana wisata edukasi ini. "Hari ini tetap kita buka seperti biasa, hanya area cooking clas saja yang kita tutup, area lain seperti tempat bermain dan lainnya masih beroperasi," pungkasnya.

Baca Juga: Kampung Coklat Blitar: Lokasi, Fasilitas, dan Paket Wisata

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya