Rumah Warga di Tulungagung Terendam Banjir, Kiriman dari Trenggalek

Ketinggian banjir hingga 75 sentimeter

Tulungagung, IDN Times - Ratusan rumah di Desa Gandong, Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung, terendam banjir. Genangan air ini merupakan kiriman dari Kabupaten Trenggalek. Kepala Desa Gandong, Susanto mengatakan total terdapat dua dusun yang tergenang banjir. Hal ini dikarenakan air masuk ke aliran sungai yang melintasi desa ini. "Ini merupakan banjir kiriman dari Trenggalek, air masuk ke sungai dan meluap masuk ke rumah warga, " ujarnya, Rabu (19/10/2022).

1. Warga tak mau mengungsi

Rumah Warga di Tulungagung Terendam Banjir, Kiriman dari TrenggalekAkses jalan tergenang banjir kiriman. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Ketinggian air yang menggenangi rumah warga ini, kata Susanto, bervariasi, mulai 50 sentimeter hingga 75 sentimeter. Meskipun rumahnya terendam banjir, namun warganya enggan mengungsi.

Warga memilih tetap bertahan di rumah sambil menunggu banjir surut. Mereka juga khawatir jika ditinggal harta benda akan ikut hanyut terbawa banjir. "Untuk sementara belum ada yang mengungsi, mereka memilih bertahan di rumah sambil menunggu banjir surut, " tuturnya.

2. Sebanyak delapan desa di Kecamatan Bandung terdampak banjir kiriman

Rumah Warga di Tulungagung Terendam Banjir, Kiriman dari TrenggalekRumah warga tergenang banjir kiriman. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Sementara itu, Camat Bandung Chanif Jatmika menyebut total terdapat delapan desa yang terdampak banjir kiriman ini. Desa tersebut adalah Gandong, Talun Kulon, Sukoharjo, Soko, Suwaru, Bantengan , Nglampir dan Mergayu. Selain masuk ke rumah warga, banjir juga menggenangi area pesawahan. Beberapa tanggul sungai juga dilaporkan mengalami kerusakan. "Tidak ada korban jiwa, saat ini kamis terus memantau dan melakukan pendataan, " pungkasnya.

3. Banjir genangi empat kecamatan di Trenggalek

Rumah Warga di Tulungagung Terendam Banjir, Kiriman dari TrenggalekWarga menggunakan perahu karet untuk melintasi genangan banjir. IDN Times / Bramanta Pamungkas

Diberitakan sebelumnya, beberapa wilayah di Trenggalek memang tergenang banjir. Sekretaris BPBD Kabupaten Trenggalek, Tri Puspita Sari mengatakan bawha banjir ini ersebar di 4 Kecamatan, yakni Kecamatan Trenggalek, Pogalan, Gandusari dan Karangan. Posko pengungsian sudah disiapkan di Kantor Basarnas, Kecamatan Pogalan dan GOR Menak Sopal.

Mereka juga telah membuka dapur umun untuk memenuhi kebutuhan logistik warga. "Banjir terparah terjadi di wilayah Kelurahan Tamanan dan Kelutan, Kota Trenggalek, " pungkasnya.

Baca Juga: 4 Kecamatan di Trenggalek Terendam Banjir, Warga Diungsikan

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya