Izin Pengobatan di Pondok Gus Samsudin di Blitar Telah Dicabut Dinkes

Dinkes dan Kesbangpol datangi pondok usai ada pasien tewas

Blitar,IDN Times- Dinas Kesehatan bersama Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Blitar mendatangi Pondok Pesantren Nuswantoro milik Gus Samsudin, di Desa Rejowinangun, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Kedatangan mereka untuk mengklarifikasi terkait adanya kejadian pasien yang meninggal dunia di kamar mandi pondok pesantren tersebut. Korban diketahui berpamitan kepada keluarga hendak berobat ke pondok ini.

1.  Gus Samsudin mengaku tidak melakukan tindakan apapun

Izin Pengobatan di Pondok Gus Samsudin di Blitar Telah Dicabut DinkesPolisi periksa jenazah korban. IDN Times/ istimewa

Kabid Sumberdaya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Handono mengatakan kedatangan mereka ditemui langsung oleh Gus Samsudin. Mereka melakukan klarifikasi terkait peristiwa hari Senin lalu. Dari hasil klarifikasi ini Gus Samsudin mengaku tidak memberikan pengobatan apapun kepada pasien. Mereka hanya memberikan saran kepada korban dan tidak ada tindakan medis. "Pasien datang dan mengeluhkan penyakitnya, Gus Samsudin hanya memberikan saran saja dan tidak ada tindakan apapun, itu hasil klarifikasi yang kami terima," ujarnya, Jumat (15/12/2023).

2. Dinas Kesehatan pastikan izin pengobatan sudah dicabut

Izin Pengobatan di Pondok Gus Samsudin di Blitar Telah Dicabut DinkesPolisi lakukan olah TKP di lokasi kejadian. IDN Times/ istimewa

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Christine Indrawati menegaskan bahwa izin pengobatan tradisional di pondok tersebut sudah dicabut. Mereka sudah melakukan pengecekan terkait adanya pengajuan izin dari pondok ini. Hasilnya pihak Pondok tidak pernah melakukan pengajuan izin lagi untuk pengobatan tradisional. "Jadi izinnya sudah kita cabut beberapa tahun lalu dan tidak pernah ada pengajuan kembali," tuturnya.

3. Warga Surabaya ditemukan tewas di kamar mandi

Izin Pengobatan di Pondok Gus Samsudin di Blitar Telah Dicabut DinkesPolisi evakuasi jenazah korban. IDN Times/ istimewa

Sebelumnya, SW (59) Kelurahan Morokrembang, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, ditemukan meninggal di kamar mandi umum pondok pesantren Nuswantoro, Senin (11/12/2023). Pihak keluarga mendatangi pondok untuk mencari keberadaan korban yang berpamitan berobat ke pondok sejak Sabtu (09/12/2023). Dari rekaman kamera CCTV diketahui korban masuk ke area kamar mandi namun tidak pernah keluar. Saat dilakukan pengecekan korban ditemukan tewas di dalam kamar mandi.

Baca Juga: Warga Surabaya Ditemukan Tewas di Kamar Mandi Pondok Gus Samsudin

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

orang biasa peternak kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya