Bupati dan Mantan Pejabat Pemkab Tulungagung Diperiksa KPK

Wah, apakah akan ada tersangka baru?

Tulungagung, IDN Times - Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo mendatangi Mapolres setempat. Kedatangan orang nomor satu di jajaran Pemkab ini diduga berkaitan dengan pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dilakukan saat ini.

Lembaga anti rasuah tersebut saat ini diketahui sedang melakukan pemeriksaan di Polres Tulungagung. Pemeriksaan ini berkaitan dengan kasus dugaan suap pengalokasian anggaran bantuan keuangan Pemprov Jatim untuk Tulungagung periode 2014-2018. Dalam kasus tersebut mereka telah menetapkan satu tersangka, yakni mantan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Jawa Timur, Budi Setiawan.

1. Bupati Tulungagung keluar ruang pukul 11.25 WIB

Bupati dan Mantan Pejabat Pemkab Tulungagung Diperiksa KPKMobil yang dikendarai Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo saat meninggalkan Polres. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Tulungagung, Ahmad Mugiono membenarkan kedatangan Maryoto Birowo ini. Menurutnya, Maryoto mendatangi Mapolres sekitar pukul 09.11 WIB dan keluar ruang pemeriksaan 11.25 WIB.

Maryoto terpantau langsung meninggalkan Mapolres dan hanya melambaikan tangan dari dalam mobil kepada sejumlah awak media yang menunggunya. " Pak Bupati memenuhi panggilan KPK di Polres Tulungagung, " ujarnya, Kamis (25/08/2022).

2. Terdapat anggota DPRD juga yang diperiksa

Bupati dan Mantan Pejabat Pemkab Tulungagung Diperiksa KPKMantan Kepala Bappeda Tulungagung, Suharto saat mendatangi panggilan KPK. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Selain Maryoto, terpantau juga sejumlah pejabat dan mantan pejabat yang dipanggil oleh KPK. Diantaranya Kepala Dinas Kominfo Samrotul Fuad, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tri Hariadi, mantan Kepala Dinas Kesehatan Mastur, mantan Kepala Bappeda Suharto dan mantan Kabid Anggaran BPKAD Sri Pamuni.

Selain itu, dua anggota DPRD Tulungagung Ali Munib dan Ponidi juga mendatangi Polres Tulungagung. Usai menjalani pemeriksaan, Samrotul Fuad mengatakan diminta keterangan oleh KPK saat menjabat sebagai Kabag Pembangunan Pemkab Tulungagung. "Jumlah yang ditanyakannya berapa saya lupa, yang pasti saya ditanya saat menjabat sebagai Kabag Pembangunan," tuturnya.

Baca Juga: KPK Kembali Pinjam Ruang Polres Tulungagung untuk Pemeriksaan 

3. Pemeriksaan dilakukan sejak Senin lalu

Bupati dan Mantan Pejabat Pemkab Tulungagung Diperiksa KPKDua anggota DPRD Tulungagung saat memenuhi panggilan pemeriksaan KPK. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Sejak Senin (22/08/2022) KPK meminjam sejumlah ruangan di PolresTulungagung untuk melakukan pemeriksaan. Sejumlah saksi dipanggil untuk dimintai keterangan dalam kasus dugaan suap pengalokasian anggaran bantuan keuangan Pemprov Jatim untuk Tulungagung periode 2014-2018. 

Baca Juga: Pria di Tulungagung Perkosa Teman Wanitanya Usai Alami Kecelakaan

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya