Belasan Ribu Warga Tulungagung Suspek TBC

Prosentase kesembuhan pasien capai 90 persen

Tulungagung, IDN Times - Sepanjang tahun 2022 Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung menemukan belasan ribu kasus suspek Tuberkolosis (TBC). Berdasarkan hasil penelusuran, sebanyak 12.384 warga dinyatakan sebagai suspek TBC. Dari jumlah ini terdapat 1.322 yang terkonfirmasi positif TBC. Para pasien tersebut kini sudah ditangani dan diobati. Angka kesembuhan penyakit TBC di Tulungagung sendiri mencapain 90 persen.

1. Temuan suspek capai 93 persen dari target

Belasan Ribu Warga Tulungagung Suspek TBCKabid P2P Dinas Kesehatan Tulungagung, Didik Eka. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Tulungagung, Didik Eka mengatakan untuk tahun ini mereka mendapatkan target temuan suspec TBC sebanyak 13.249 orang. Dari jumlah ini sudah terpenuhi sekitar 93 persen. Capaian ini tak lepas dari beberapa indikator utama dalam pelayanan TBC. Salah satunya indikator Standart Pelayanan Minimal (SPM) Tulungagung.

"Hasilnya kita menemukan jumlah suspek TBC mencapai 12.384 atau sekitar 93 persen dari target," ujarnya, Jumat (23/12/2022).

Baca Juga: Dua Rumah di Tulungagung Terisolir Setelah Jalan Ditembok Tetangga

2. Kendala pengobatan TBC di Tulungagung

Belasan Ribu Warga Tulungagung Suspek TBCInfografis Penyakit Paru Obstruktif Kronis (IDN Times/Mardya Shakti)

Selama ini pemberantasan TBC sering kali menghadapi sejumlah kendala. Diantaranya tingkat ketelatenan pasien dalam menjalani proses pengobatan. Hal ini dikarenakan proses pengobatan dan terapi pasien TBC membutuhkan waktu lama dan harus minum obat teratur tanpa putus. Program pengobatan ini minimal berlangsung selama 6 bulan. Dalam kurun waktu tersebut mereka harus mengkonsumsi obat tanpa putus.

"Biasanya tiga bulan pertama itu pasien sudah mulai membaik, batuknya berkurang, berat badannya meningkat, nafsu makan juga membaik, sesak nafas hilang. Dianggap itu sudah sembuh, padahal bakterinya baru klenger saja. Akhirnya pasien berhenti minum obat" ujarnya.

3. Target 2030 Tulungagung bebas TBC

Belasan Ribu Warga Tulungagung Suspek TBCIlustrasi tenaga kesehatan. IDN Times/ istimewa

Sementara itu, Ketua Yayasan Bhayu yasa Sejahtera (Yabhysa) TUlungagung, Cut Mala Hayati Anshari menerangkan pihaknya kini telah melakukan pelatihan kader untuk membantu penanganan penyakit TBC. Mereka akan disiapkan di 32 Puskesmas. Para kader ini akan melakukan penelusuran untuk menemukan pasien TBC. Selain itu mereka juga melakukan pendampingan berobat kepada pasien hingga dinyatakan sembuh. "Sesuai terget pemerintah tahun 2030 Tulungagung bebas TBC," pungkasnya.

Baca Juga: Perempuan di Tulungagung Ini Ditemukan Tewas di Kamar

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya