Dua Rumah di Tulungagung Terisolir Setelah Jalan Ditembok Tetangga

Tetangga masa gitu?

Tulungagung, IDN Times - Dua rumah milik Haryono dan Suaji, warga Desa Beji, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung terisolir setelah akses jalan masuk ditembok oleh tetangganya. Keluarga tersebut hingga kini masih berada di rumahnya. Mereka tidak bisa keluar dan menjalankan aktivitas rutin. Proses mediasi yang dihadiri oleh pemerintah desa, polisi dan TNI juga belum membuahkan hasil.

1. Mediasi di desa sudah dilakukan 5 kali

Dua Rumah di Tulungagung Terisolir Setelah Jalan Ditembok TetanggaTembok yang dibangun menutup akses jalan ke rumah warga di Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kepala Desa Beji, Khoirudin mengatakan warga yang melakukan penembokan akses jalan ini bernama Riyanto. Konflik ini bermula saat keluarga Haryono membuka warung di mulut gang. Bangku dan kursi menutup gang tersebut sehingga menyulitkan lalu lalang kendaraan.

Warga sebenarnya sudah berulang kali meminta agar warung digeser dan sehingga tidak menggangu akses jalan masuk. Namun permintaan tersebut tidak dihiraukan oleh Haryono. "Pihak desa sudah berulang kali melakukan mediasi terkait hal ini namun tidak ada titik temu, " ujarnya, Senin (19/12/2022). Selain itu, kedua belah pihak juga mengklaim berhak atas tanah yang menjadi akses jalan tersebut.

Baca Juga: Sosok Eugene Dubois, Peneliti Homo Wajakensis di Tulungagung

2. Penembokan dilakukan pagi tadi

Dua Rumah di Tulungagung Terisolir Setelah Jalan Ditembok TetanggaTembok yang dibangun menutup akses jalan ke rumah warga di Tulungagung. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Penembokan ini dilakukan pagi tadi. Pihak Riyanto berdalih bahwa akses jalan tersebut masuk dalam sertifikat tanah miliknya. Mereka menembok dan menutup akses jalan satu-satunya menuju rumah Haryono. Akibatnya dua rumah di balik tembok ini terisolir. "Penembokan itu didasarkan pada sertifikat hak milik (SHM) yang dimiliki Riyanto," tuturnya.

3. Bersedia buka sedikit tembok, mediasi akan dilanjut besok

Dua Rumah di Tulungagung Terisolir Setelah Jalan Ditembok TetanggaProses mediasi antar warga yang berlangsung alot. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Setelah melalui mediasi yang alot, pihak Riyanto akhirnya bersedia membongkar sedikit tembok yang sudah dibangunnya. Sisi selatan tembok dibuka seukuran pria dewasa sehingga akses keluar masuk ke rumah Haryono terbuka. Selanjutnya besok akan dilanjutkan proses mediasi di balai desa. "Untuk sementara hasilnya tembok dibuka sedikit agar bisa keluar masuk, besok mediasi dilanjut di balai desa," pungkasnya.

Baca Juga: Ibu dan Anak di Tulungagung Dibui karena Rusak Pot Saat Tagih Utang

Bramanta Pamungkas Photo Community Writer Bramanta Pamungkas

peternak huruf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya