Volume Kendaraan di Tol Surgem Naik 100 Persen, Ini Sebabnya

Wow, masih H+3 lho...!

Surabaya, IDN Times - Jalan tol di kawasan Surabaya mulai mengalami lonjakan sejak H+2 Idul Fitri. Peningkatan lalu lintas tol ini disebabkan adanya pergerakan masyarakat yang melakukan silaturahim. Ada pula yang pergi berlibur ke tempat wisata hingga arus balik skala kecil.

"Setelah kemarin pelayanan hari kedua lebaran, ternyata lalu lintasnya melonjak tajam. Jadi diprediksikan puncak awal H3," ujar General Manager (GM) Representative Office (RO) 3 Jasamarga Transjawa Tollroad selaku pengelola Jalan Tol Surabaya - Gempol, Hendri Taufik, Kamis (5/5/2022).

1. Peningkatan volume kendaraan capai 100 persen

Volume Kendaraan di Tol Surgem Naik 100 Persen, Ini SebabnyaIlustrasi jalan Tol Cipali (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Khusus hari kedua lebaran, kata Hendri, kenaikan volume pengguna Tol Surabaya - Gempol mencapai 100 persen dibandingkan dengan aktivitas di hari-hari biasa. "Tercatat 43.666 kendaraan naik 100 persen dibandingkan normal.  Dimana normalnya dihari yang sama itu 21 ribuan," kata dia.

Baca Juga: Tiket Arus Balik Kereta Api ke Surabaya Tersisa 30 Persen

2. Kepadatan sempat terjadi arah Malang karena ada kecelakaan

Volume Kendaraan di Tol Surgem Naik 100 Persen, Ini SebabnyaIDN Times/ Helmi Shemi

Kepadatan Tol Surabaya - Gempol terpantau di gerbang utama arah Malang. "Yang memang kepadatan terjadi lebih dari 100 km. Tapi memang kejadiannya diakibatkan karena beberapa terjadi kecelakaan di depan gerbang, jadi ada kecelakaan di ruas Sidoarjo," kata dia.

"Kategori kecelakaan minor ya, atau ringan ya. Kecelakaan tidak ada yang menonjol," dia menambahkan.

Baca Juga: Pergerakan Arus Balik Mulai Tampak di Tol Jatim

3. Laju kendaraan terpantau keluar ke Malang dan Probolinggo, yang masuk dari Mojokerto

Volume Kendaraan di Tol Surgem Naik 100 Persen, Ini SebabnyaIlustrasi jalan Tol Cipali (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Terkait laju arah kendaraan, sambung Hendri, berdasar pantauan Jasamarga mayoritas mengarah keluar Surabaya menuju ke Malang dan Probolinggo. Namun, juga terpantau kendaraan yang masuk Kota Pahlawan. Paling banyak dari arah Mojokerto.

"Kategorinya kan dalam rangka silaturahmi ya itu," ucap dia. "Prediksi arus balik mulai meningkat itu di H+4 tapi puncaknya H+5," pungkas Hendri.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya