Pergerakan Arus Balik Mulai Tampak di Tol Jatim

Puncak arus balik diprediksi 9 April

Surabaya, IDN Times - Hari Raya Idul Fitri 2022 memasuki H+3 pada Kamis (5/5/2022). Menurut pantauan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Timur (Jatim), lalu lintas masih lancar. Namun, pergerakan arus balik sudah mulai ada, khususnya via tol.

1. Pergerakan arus balik belum signifikan

Pergerakan Arus Balik Mulai Tampak di Tol JatimIlustrasi jalan Tol Cipali (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Latief Usman mengatakan, pergerakan arus balik yang terjadi belum signifikan. Saat ini, peningkatan lalin masih berada di kawasan wisata. Sayangnya, ia belum dapat merinci data lalin.

"Pergerakan selalu ada," ujar perwira dengan tiga melati emas ini saat dikonfirmasi IDN Times.

Kepala Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Jatim, AKBP Dwi Sumrahadi juga menyampaikan kalau pergerakan lalin di Jatim masih stabil. Volume kendaraan yang masuk, maupun yang keluar Jatim belum mengalami peningkatan. "Yang keluar maupun masuk hampir sama," katanya.

Baca Juga: Tiket Arus Balik Kereta Api ke Surabaya Tersisa 30 Persen

2. Dishub bilang puncak arus balik 9 -10 Mei

Pergerakan Arus Balik Mulai Tampak di Tol JatimIlustrasi arus mudik di jalan tol. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim, Nyono menyebut bahwa puncak arus balik di wilayahnya justru akan terjadi 9 - 10 Mei 2022. Karena kemacetan arus balik di Jatim tidak separah di Jakarta maupun Jawa Barat (Jabar), dishub bersama kepolisian hanya menyiapkan rekayasa lalin jika darurat saja.

"Puncak balik tanggal 9 - 10 Mei, kendaraan akan signifikan peningkatannya," kata dia.

Baca Juga: Kasus Suspek Hepatitis Akut di Jatim, Tetap Tenang Kenali Gejalanya

3. Pemudik pilih kereta api untuk hindari macet pada mudik dan balik lebaran

Pergerakan Arus Balik Mulai Tampak di Tol JatimIlustrasi suasana Stasiun Kereta di tengah pandemik COVID-19 (Dok. Humas KAI)

Sementara itu, pemudik asal Surabaya, Amelia (26) berencana balik dari Ciamis, Jabar ke Surabaya pada 7 Mei 2022. Dia dan keluarga memilih menggunakan kereta api pada mudik lebaran tahun ini. "Nggak ngatasi kalau harus jalur darat pakai mobil, karena ada anak yang masih bayi juga," pungkasnya.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya