Viral Polisi Diduga Pungli di Tol Gresik, Polda Jatim Menepis

Polda Jatim tegaskan petugasnya sesuai prosedur 

Gresik, IDN Times - Video berdurasi 2 menit 22 detik beredar viral. Video itu berisi cekcok antara pengemudi mobil dengan anggota Satuan Polisi Jalan Raya (PJR) Polda Jawa Timur (Jatim), karena diduga melakukan pungutan liar (pungli) di Tol Lebani Gresik.

1. Video berisi pria yang marah diduga kena pungli

Viral Polisi Diduga Pungli di Tol Gresik, Polda Jatim MenepisTangkapan layar video seorang pria dan petugas polisi PJR saat cekcok di dekat gerbang Tol Lebani Gresik. dok. istimewa.

Dalam video terekam kalau pengemudi lain yang mengetahui adanya dugaan pungli langsung menghampiri mobil polisi. Kemudian meminta uang yang diambil untuk dikembalikan. Seteleh beberapa saat digedor, polisi yang itu turun dan menjelaskan uang yang dibawa adalah uang tilang.

Namun, pria berkaus hitam tersebut tetap menyangkal kalau itu uang tilang, tapi menuduhnya uang pungli. Polisi PJR tetap berkelit dan tidak mengaku. Polisi PJR mendorong perekam video dan pengendara berkaus hitam untuk masuk ke mobil. Uang yang diambil polisi PJR terekam dalam video tersimpan di bangku sebelah kiri mobilnya. Polisi PJR akhirnya pergi.

Baca Juga: Serunya Naik Bus Trans Jatim dari Terminal Bungurasih ke Porong 

2. Polda Jatim sangkal kalau itu murni tilang

Viral Polisi Diduga Pungli di Tol Gresik, Polda Jatim MenepisTangkapan layar video seorang pria dan petugas polisi PJR saat cekcok di dekat gerbang Tol Lebani Gresik. dok. istimewa.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto membenarkan bahwa video viral itu diambil di Tol Lebani Gresik pada Sabtu (3/9/2022). Sosok perekam video tersebut merupakan sopir mobil bernopol S-8297-V berinisial PAW (19) warga Bakung Temenggunan, Balong Bendo, Sidoarjo.

Polisi ada dalam video berinisial Brigadir SA. Sedangkan, pria berkaus hitam lengan pendek, bercelana pendek di atas lutut, dan bersepatu yang menaiki mobil Pajero tersebut, belum diketahui identitasnya. Sama halnya Brigadir SA, Dirmanto menegaskan kalau kejadian dalam video itu berupa tilang.

Penilangan dilakukan, karena pengemudi mobil pikap, PAW, tidak memiliki SIM. Ditambah, STNK dan pajak mati. "KIR tidak ada, kemudian dibawa ke pos polisi terdekat," ujarnya Minggu (4/9/2022).

3. Sebut anggotanya tak mau diajak damai

Viral Polisi Diduga Pungli di Tol Gresik, Polda Jatim MenepisIlustrasi. Apel pasukan personel Polda Jatim. Dok. Humas Polda Jatim.

Perwira dengan tiga melati emas ini menyebut, Brigadir SA tidak melakukan pungli seperti yang dituduhkan dalam video viral tersebut. Justru, klaim Dirmanto, Brigadir SA berupaya tetap memberikan sanksi tilang kepada PAW dengan membawanya ke pos polisi.

"Petugas sedang melakukan penindakan. Dia sejak awal gak mau diajak damai, makanya dibawa ke pos polisi, untuk tilang, tapi malah divideo," dia menegaskan. Guna meluruskan hal tersebut. Polda Jatim sudah memintai keterangan dan klarifikasi dari PAW.

Baca Juga: 7 Hotel Ini Sah Menjadi Cagar Budaya di Jatim, Unik dan Artistik

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya