Serunya Naik Bus Trans Jatim dari Terminal Bungurasih ke Porong 

Naik Bus Trans Jatim yang anti macet, semoga seterusnya

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa telah meluncurkan bus Trans Jawa Timur, Jumat (19/8/2022). Gubernur Jawa Timur, Khofifah berharap Trans Jatim bisa menjadi solusi kemacetan serta kecelakaan. Lebih dari itu, transportasi massal nyaman akan membuat jumlah kendaraan pribadi di jalanan berkurang dan bisa mengurangi polusi.

Untuk tahap awal, Pemprov meluncurkan koridor I yang menghubungkan Sidoarjo-Surabaya-Gresik.  Saat ini, ada  22 armada bus Trans Jatim yang beroperasi dari Terminal Porong menuju Bungurasih kemudian dari Bungurasih menuju Terminal Bunder Gresik.

Lalu bagaimana sensasi naik bus tersebut? IDN Times pun menaiki bus berukuran medium tersebut dari Terminal Bungurasih menuju Terminal Porong pada Sabtu, (20/8/2022) lalu.

Serunya Naik Bus Trans Jatim dari Terminal Bungurasih ke Porong Trans Jatim resmi beroperasi, tarif mulai Rp2.500. (dok. DAMRI)

Baca Juga: Trans Jatim Resmi Beroperasi, Tarif Mulai Rp2.500

Di Terminal Bungurasih, bus Trans Jatim berada di deretan bus dalam kota. Bus berwarna hijau tersebut tiba 10 menit sekali sehingga tak butuh waktu lama untuk naik bus tersebut. Semoga konsisten sih.

Kemudian, di dalam bus ada petugas yang siap membantu kita. Petugas tersebut akan membantu penumpang melakukan transaksi melalui aplikasi Trans Jatim, e-money, Qris, ataupun tunai. Tiket bus Trans Jatim hanya Rp5000 untuk umum dan Rp2.500 untuk pelajar dan santri. Bus beroperasi mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Di dalam bus, suasana sangat nyaman. Selain karena dilengkapi air conditioner, jarak antara kursi pun cukup lebar, sekitar 30 sentimeter. Sebanyak 15 kursi tunggal dibagi dua baris dan ditata menghadap ke depan. Kalaupun tak dapat tempat duduk tak usah khawatir. Pengelola menyediakan handle buat para penumpang berdiri. Selain itu, Trans Jatim juga menyediakan tempat duduk khusus untuk difabel. 

Serunya Naik Bus Trans Jatim dari Terminal Bungurasih ke Porong Sebanyak 22 unit bus Trans Jatim resmi beroperasi. (dok. DAMRI)

Bus Trans Jatim sendiri berjalan dengan kecapatan standar, sekitar 40 kilometer per jam. Terminal Bungurasih menuju Terminal Porong yang berjarak sekitar 27 kilometer ditempuh dalam waktu 45 menit.

Dari terminl Bungurasih, bus melewati tol Waru-Juanda dan keluar di gerbang tol Sidoarjo menuju Pondok Jati, Sun City, Ngampelsari, Ngaban, Kalitengah, Porong dan terakhir di Terminal Porong. Sementara dari arah Porong, bus akan melewati jalan Raya Tanggulangin, menuju Gatot Subroto, kemudian ke arah Sun City lalu masuk ke Tol untuk kemudian ke Bungurasih.

Meski bus cukup nyaman, keluhan dari penumpang tetap ada. Salah satu penumpang, Resti (24) mengatakan, dirinya baru mencoba naik bus Trans Jatim lantaran penasaran. Menurutnya, fasilitas di bus trersebut cukup bagus.

"Bagus sih, enak tapi sayangnya tidak ada colokannya," ungkapnya.

Satu lagi keluhan Resti adalah  rute bus yang belum menjangkau semua jalan utama di Sidoarjo. Apalagi, bus melewati tol. "Lah kok lewat tol. Jadi tidak lewat ke jalan-jalan utama di Sidoarjo." 

Baca Juga: Bus Trans Jatim Diluncurkan 19 Agustus, Ini Halte-haltenya!

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya