Vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua, Emil: Tensinya Lebih Rendah

Gubernur Khofifah memantau secara virtual

Surabaya, IDN Times - Vaksinasi COVID-19 tahap kedua digelar di Kantor Gubernur Jawa Timur (Jatim), Kamis (28/1/2021). Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa yang masih menjalani isolasi mandiri akibat positif COVID-19 memantau secara virtual. Ada sebanyak 21 orang yang mengikuti vaksinasi tahap kedua ini.

Mereka yang mengikuti vaksinasi tahap kedua ini antara lain, Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak; Wakil Kapolda Jatim, Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo; Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto; Wakil Ketua DPRD Jatim, Sahat Tua Simanjuntak; Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono; YouTuber, Bayu Eko Moektito dan Influencer, Tomli Wafa.

"Hari ini tanggal 28 Januari mengikuti vaksinasi tahap kedua, betapa pentingnya komitmen dan support bapak ibu sekalian," ujar Khofifah dalam sambutannya.

1. Emil mengaku lebih santai ikuti vaksinasi tahap kedua

Vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua, Emil: Tensinya Lebih RendahVaksinasi tahap kedua di Kantor Gubernur Jatim, Kamis (28/1/2021). Dok. Ist

Sementara itu, Wagub Emil menuturkan kalau vaksinasi tahap kedua ini tidak jauh berbeda dengan yang pertama. Bahkan, dirinya sekarang ini mengaku lebih santai. Hal tersebut membuat tensi mantan Bupati Trenggalek ini tidak tinggi seperti yang pertama.

"Tensinya lebih rendah daripada waktu vaksinasi yang pertama. Gak ada yang berbeda. Alhamdulillah," kata dia.

Baca Juga: Masih Setengah dari Target, Pemkot Surabaya Kebut Vaksinasi COVID-19

2. Tetap lakukan observasi apakah ada efek samping atau tidak

Vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua, Emil: Tensinya Lebih RendahVaksinasi tahap kedua di Kantor Gubernur Jatim, Kamis (28/1/2021). Dok. Ist

Kendati demikian, suami Arumi Bachsin ini nantinya akan tetap melakukan observasi setelah disuntik vaksin COVID-19 buatan perusahaan Tiongkok, Sinovac ini. Observasi itu dimaksudkan adanya kemungkinan efek samping yang terjadi usai vaksinasi.

"Kita masih mengobservasi apakah ada efek. Gak ada hal yang sangat signifikan," ungkap dia.

3. Siapkan 7 ribu lebih vaksinator untuk program vaksinasi COVID-19 di Jatim

Vaksinasi COVID-19 Tahap Kedua, Emil: Tensinya Lebih RendahVaksinasi tahap kedua di Kantor Gubernur Jatim, Kamis (28/1/2021). Dok. Istimewa

Soal pelaksanaan vaksinasi terhadap Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan, lanjut Emil, Pemprov Jatim memastikan sudah mulai berjalan di tiap-tiap kabupaten/kota. Tak hanya itu, pihaknya juga telah menyiapkan 7.254 vaksinator untuk menyukseskan program vaksinasi mulai Januari-April 2021.

"7.254 vaksinator dilatih ada 73 angkatan. Jadi nambah lagi kapsitasnya (vaksinatornya)," pungkas dia.

Baca Juga: Vaksinasi di Kota Kediri Ditargetkan Selesai dalam 10 Hari

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya