Update Korban Tragedi Perosotan Ambrol di Kenpark, Ternyata 16 Orang

Perosotan diduga sudah lapuk

Surabaya, IDN Times - Korban dalam tragedi ambrolnya perosotan kolam renang di Kenjeran Park (Kenpark) Surabaya pada Sabtu (7/5/2022) siang, ternyata lebih dari sembilan orang. Berdasarkan data yang telah dimutakhirkan, jumlah total korban ada 16 orang, dua di antaranya warga luar Surabaya.

1. Sebanyak 8 korban dibawa ke Soetomo, 8 ke Soewandhi, ada warga Gresik dan Sidoarjo

Update Korban Tragedi Perosotan Ambrol di Kenpark, Ternyata 16 OrangWahana di Kenjeran Park yang ambrol, Sabtu (7/5/2022). Dokumentasi BPBD Kota Surabaya

Sebanyak 16 korban tragedi perosotan kolam renang ambrol tersebut dibawa ke dua rumah sakit berbeda. Mayoritas korban berusia belasan tahun. Namun, ada satu korban berusia 23 tahun.

"Total ada 16 (korban), delapan masuk (RSUD) Soewandhie, delapan di RSUD dr. Soetomo," ujar Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata Surabaya, Wiwiek Widayati.

Lebih lanjut, belasan korban rata-rata merupakan warga Surabaya. Data yang dihimpun IDN Times, hanya dua orang yang merupakan warga luar kota. Mereka adalah Nafisha (13) warga Gresik dan Amelia Lailatul Sholifah (17) warga Sidoarjo. Keduanya mengalami luka ringan, dirujuk ke RSUD dr. Soewandhie.

2. Kejadian perosotan ambrol pukul 13.30 WIB, diduga karena sudah lapuk

Update Korban Tragedi Perosotan Ambrol di Kenpark, Ternyata 16 OrangWahana di Kenjeran Park yang ambrol, Sabtu (7/5/2022). Dokumentasi BPBD Kota Surabaya

Menurut Wiwiek, tragedi ini terjadi pada pukul 13.30 WIB. Sebuah sambungan perosotan air tiba-tiba ambrol jatuh ke bawah saat ada banyak pengunjung yang bermain di wahana tersebut. Walhasil, beberapa anak yang sedang berada di atas seluncuran itu pun berjatuhan dari ketinggian sekitar 10 meter.

Kronologi ini persis seperti dikatakan oleh seorang saksi mata, Yusuf. Menurut dia, kepanikan terjadi saat sebuah bagian sambungan perosotan jatuh bersama beberapa anak. Yusuf memperkirakan tinggi perosotan tersebut setara dengan rumah berlantai tiga. Warga Bendul Merisi, Surabaya ini menduga, perosotan memang sudah bermasalah. Karena banyak air yang mengucur deras pada bagian potongan perosotan. "Karena banyak orang, akhirnya ambrol itu," dia menambahkan.

Baca Juga: Investigasi Perosotan Ambrol, Polisi Akan Tutup Kenpark Sementara

3. Wahana air Kenpark ditutup sementara untuk olah TKP

Update Korban Tragedi Perosotan Ambrol di Kenpark, Ternyata 16 OrangIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Saat ini, Pemkot Surabaya bersama kepolisian setempat dalam hal ini Polres Pelabuhan Tanjung Perak menutup area wahana air Kenpark untuk keperluan olah TKP. Dalam waktu dekat segera dibeberkan penyebab ambrolnya perosotan di Kenpark ini.

"Ini kan sudah di-police line (dipasang garis polisi). Untuk sementara untuk tidak dioperasikan. Kita masih teliti (penyebabnya). Kita lihat dulu (perizinannya)," pungkas Wiwiek.

Baca Juga: Perosotan di Kenpark Ambrol: 4 Luka Berat, 5 Luka Ringan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya