Tak Dapat Rekom, Wabup Banyuwangi Membelot dari PDIP

PDIP lebih pilih istri Bupati Anas

Banyuwangi, IDN Times - Wakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko tampaknya tak mau gigit jari pada Pilkada Banyuwangi 2020. Pria yang juga kader PDI-Perjuangan ini mengambil sikap setelah tidak mendapat rekomendasi sebagai Calon Bupati Banyuwangi dari partainya sendiri. Tapi, dia tetap maju dalam kontestasi demokrasi karena mendapat rekomendasi PKB, PKS dan Demokrat.

1. DPD PDIP Jatim ketahui Yusuf dapat rekom dari partai lain

Tak Dapat Rekom, Wabup Banyuwangi Membelot dari PDIPWakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko. IDN Times/Beautiful Banyuwangi

Rekomendasi yang diterima Yusuf ini ternyata telah didengar oleh DPD PDIP Jawa Timur (Jatim). Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari mengatakan kalau Yusuf menerima pinangan dari tiga partai di luar PDIP. Yakni PKB, Demokrat dan PKS.

"Mas Yusuf dapat rekomendasi dari partai lain," ujar Untari, Senin (31/8/2020).

2. Nilai sikap Yusuf bertentangan dengan partai

Tak Dapat Rekom, Wabup Banyuwangi Membelot dari PDIPSekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari (berkerudung merah). Dokumentasi IDN Times

Menurut Untari, sikap Yusuf bertentangan dengan partai berlambang kepala banteng bermoncong putih. Meski tidak mendapat rekomendasi, seharusnya kader partai tetap tunduk dan tegak lurus dengan keputusan DPP PDIP. Rekomendasi itu telah dimandatkan ke istri Bupati Azwar Anas, Ipuk Fiestiandani.

"Mendapatkan rekomendasi dari partai lain, tidak ikut mengamankan rekomendasi DPP. Itu sebagai seorang kader tidak boleh begitu. Kecuali dia sudah keluar dari partai," kata Untari. Terkait sanksi, Untari belum bisa bicara lebih jauh. Karena harus dirapatkan dulu dengan fungsionaris.

Baca Juga: Muncul Klaster Baru di Banyuwangi, 77 Santri Ponpes Positif COVID-19

3. Yusuf akan maju dengan KH Muhammad Riza Aziziy

Tak Dapat Rekom, Wabup Banyuwangi Membelot dari PDIPWakil Bupati Banyuwangi, Yusuf Widyatmoko. IDN Times/Beautiful Banyuwangi

Dalam Pilkada Banyuwangi yang akan digelar 9 Desember mendatang, Yusuf akan berpasangan dengan KH Muhammad Riza Aziziy. Kans Yusuf untuk menjungkalkan Ipuk terbuka lebar. Dia mempunyai pengalaman sebagai Wakil Bupati dua periode mendampingi Azwar Anas.

Baca Juga: Pilkada Banyuwangi, PDIP Resmi Mengusung Istri Bupati Anas

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya