Pilkada Banyuwangi, PDIP Resmi Mengusung Istri Bupati Anas

Ipuk akan didampingi Sugirah

Banyuwangi, IDN Times - Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP-PDIP) resmi mengeluarkan surat rekomendasi dua nama sebagai bakal calon bupati (bacabup) dan bakal calon wakil bupati (bacawabup) Banyuwangi pada Pilkada 2020. Dua nama yang direkomendasikan yakni Ipuk Festiandani yang tak lain adalah istri dari Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Sugirah. Ipuk dipasang sebagai bacabup, sedangkan Sugirah sebagai bacawabup.

1. Surat rekomendasi telah dibahas di internal DPC PDIP

Pilkada Banyuwangi, PDIP Resmi Mengusung Istri Bupati AnasPengurus DPC PDIP Banyuwangi. IDN Times/Istimewa

Surat Nomor 1659/IN/DPP/VII/2020 tertanggal 2 Juli 2020 tersebut telah ditandatangani oleh Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto dan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto. Surat tersebut telah sampai di Banyuwangi. 

"Iya benar, yang mempertimbangkan (kedua calon) DPP partai. Hari ini kami rapat internal untuk menyampaikan kepada pengurus cabang mengenai rekomendasi dari DPP yang sudah diturunkan ke DPC. Nama Ipuk Fiestiandani dan Sugirah untuk calon bupati dan wakil bupati Banyuwangi," jelas Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Banyuwangi I Made Cahyana Negara saat dihubungi IDN Times, Minggu (5/7).

2. Siap memenangkan kedua calon

Pilkada Banyuwangi, PDIP Resmi Mengusung Istri Bupati AnasIpuk Festiandani, istri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. IDN Times/Istimewa

Rekomendasi dua calon Cabup dan Cawabup tersebut, kata Made, telah dibahas bersama internal partai DPC PDIP. Dalam rapat tersebut pihaknya telah menyampaikan kepada pengurus untuk memenangkan dan mengamankan kedua calon.

"Dengan munculnya rekomendasi ini, maka DPP memerintahkan kepada kami agar seluruh jajaran DPC, pengurus, dan aktivis partai untuk menjalankan, mengamankan dan memenangkan pasangan yang sudah dipillih oleh partai,” ujarnya.

Baca Juga: Desa Jadi Kunci Penanganan COVID-19, Anas Andalkan Smart Kampung

3. Partai NasDem lebih dulu rekomendasi Ipuk Festiandani

Pilkada Banyuwangi, PDIP Resmi Mengusung Istri Bupati AnasBupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas saat menghadiri acara kampanye makan daging dan susu, Taman Suruh Farm Festival, Selasa (22/10). IDN Times/Istimewa

Made meyakini bahwa keputusan partai itu sudah dibahas secara matang. Salah satu nama yang sudah tidak asing yakni, Ipuk Festiandani yang merupakan istri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

"Beliau (Ipuk) adalah istri dari Bupati Anas. Tentu penunjukan ini sudah digodok dengan matang oleh DPP PDIP. Sementara Sugirah adalah anggota DPRD Banyuwangi sekaligus Bendaraha PDIP Banyuwangi," katanya.

Terkait partai apa yang bakal berkoalisi, Made menyebut Partai NasDem sebelumnya sudah memberikan rekomendasi Ipuk Festiandani sebagai Cabup terlebih dahulu. Saat ini, pihaknya membuka sepenuhnya peluang partai lain bila ingin berkoalisi.

"Tentu masih satu partai yang berkoalisi dengan kami yakni NasDem yang telah memberikan rekomendasi. Partai kami sebenarnya bisa mengusung sendiri. Namun kami tetap membuka peluang partai lain yang berkoalisi dengan kami," ujarnya.

Baca Juga: Kasus COVID-19 di Banyuwangi Bertambah 4, Sembuh 5 Orang

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya