Comscore Tracker

Tahapan SKB CPNS Jatim Digelar September, Siap-siap Wajib Rapid Test

Teknis rapid test masih digodok, yang penting siap-siap dulu

Surabaya, IDN Times - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur (Jatim) Nurkholis akhirnya mendapat kepastian pelaksanaan tes Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 di lingkungan Pemprov Jatim. Sebelumnya, BKD telah menggelar tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD). Para peserta yang mengikuti SKB kemungkinan besar wajib mengikuti rapid test sebelum ujian.

1. Digelar September-Oktober

Tahapan SKB CPNS Jatim Digelar September, Siap-siap Wajib Rapid TestIlustrasi CPNS (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepastian tes SKB tersebut didapatkan Nurkholis setelah menerima pemberitahuan dari pemerintah pusat melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN). Dia menyebut bahwa tes SKB akan digelar September hingga Oktober mendatang.

"Tahun ini menyelesaikan tes SKB itu. September-Oktober ini," ujarnya, Senin (27/7/2020).

2. Usulkan Unesa jadi lokasi tes SKB

Tahapan SKB CPNS Jatim Digelar September, Siap-siap Wajib Rapid TestKampus Unesa. Unesa.ac.id

Terkait tempat penyelenggaraan tes SKB, BKD Jatim sudah mengusulkan ke BKN. Yakni di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) karena lokasinya luas. Sehingga, penerapan physical distancing antar peserta tes bisa dikondisikan di tengah pandemik COVID-19.

"Kalau sehari 300 orang, bisa dengan tiga kali kloter. Dulu SKD itu sehari tiga kali. Mungkin sekarang ya tidak sebanyak SKD. Ya mungkin sehari bisa 900 orang," kata dia.

Baca Juga: Terlibat Penipuan CPNS Pemkot, Sekuriti DPRD Surabaya Dibekuk Polisi

3. Pelaksanaan teknis tes masih dalam pembahasan

Tahapan SKB CPNS Jatim Digelar September, Siap-siap Wajib Rapid TestIlustrasi CPNS (IDN Times/Mardya Shakti)

Terkait teknis pelaksanaan tes SKB, lanjut Nurkholis, masih dalam pembahasan. Dia menyebut kemungkinan besar, peserta diwajibkan mekakukan rapid test. Kemudian protokol kesehatan akan diterapkan secara ketat. Seperti memakai masker dan juga face shield saat tes.

"Kalau soal nanti kerja sama dengan gugus tugas, iya jelas. Karena yang punya wilayah itu. Misal kayak tes mahasiswa kemarin, semua harus rapid," terangnya. 

"Kami lagi menjajaki dengan BKN. Kira-kira harus seperi itu (rapid test), selain cuci tangan, pakai masker," dia menambahkan.

Baca Juga: Tertunda karena Pandemik, SKB CPNS 2019 Digelar September-Oktober 2020

Topic:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya