Super New Moon, 3 Kecamatan di Surabaya Dihantui Banjir Rob

Secara keseluruhan, pesisir Jatim terdampak 8 hari

Surabaya, IDN Times - Fase bulan baru dengan jarak terdekat dari bumi atau yang dikenal fenomena super new moon akan terjadi pada Sabtu (21/1/2023) mendatang. Jelang fenomena ini, sejumlah kawasan di pesisir Surabaya diprediksi terdampak banjir rob.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi II Maritim Tanjung Perak Surabaya, Sutarno mengatakan ada tiga kecamatan yang akan terdampak di Surabaya. Kecamatan itu tentunya yang berdekatan dengan kawasan pesisir.

"Diprediksi yang terdampak itu Kecamatan Bulak, Asemrowo dan Krembangan," ujarnya, Selasa (17/1/2023).

Terkait lama banjir rob, kata Sutarno, khusus kawasan Surabaya Raya akan terjadi selama enam hari. Mulai Kamis (19/1/2023) sampai Selasa (24/1/2023). Sementara di pesisir Jawa Timur (Jatim) secara keseluruhan sampai delapan hari.

"Diperkirakan dilanda banjir rob selama 8 hari. Mulai Rabu (18/1/2023) besok hingga Rabu (25/1/2023) pekan depan," kata dia.

Secara umum, banjir rob berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir. Mulai aktivitas bongkar muat di pelabuhan, pemukiman pesisir, hingga tambak, garam, dan perikanan darat.

Baca Juga: Banjir Rob Diprediksi Rendam Surabaya dan Sekitarnya Malam Ini

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya