Suara Misterius di Sumenep, BPBD Siaga Pastikan Tak Ada Goa

Terus dari mana bunyinya?

Sumenep, IDN Times - Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo memastikan tim dari BPBD Sumenep telah disiagakan untuk mengantisipasi potensi yang tidak diinginkan. Dia pun meminta seluruh pihak untuk tidak cepat berspekulasi mengenai penyebab bunyi misterius yang ada di Desa Moncek Tengah, Kecamatan Lenteng. 

"Jangan dulu berspekulasi. Tahan diri. Apalagi sampai menyebarkan berita-berita hoaks. Biarkan para ahli bekerja. Kita tunggu saja hasilnya," tegas dia, Senin (14/8/2023).

Selain BPBD Sumenep, kata Fauzi, ada BMKG Jawa Timur (Jatim) dan peneliti dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) juga dikerahkan untuk memastikan penyebab bunyi. “InsyaAllah tidak ada apa-apa," kata dia.

"Jadi lebih baik kita berdoa dan menunggu para ahli bekerja. Jangan mudah terpancing berita-berita menyesatkan,” dia menambahkan.

BPBD Sumenep, sambung Fauzi, memastikan tidak ada goa di radius tertentu dari sumber bunyi misterius di Desa Moncek Tengah. BPBD masih menunggu tim ahli menyelidiki bunyi tersebut.

Plt Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumenep, Andy Ricky Kurniawan menyampaikan, pihaknya menerima laporan bunyi mestireius pada Sabtu (12/8/2023). Saat itu, dirinya bersama 4 orang personel langsung menuju lokasi untuk melakukan asesmen awal.

"Tadinya kami asumsikan, khawatirnya ada gua di radius 2 kilo atau 4 kilo itu kemudian ada orang yang masuk dari situ tanpa sepengetahuan warga, lalu ada yang menggali," kata Andy.

Hasil penelusuran yang dilakukan timnya, juga disinkronkan dengan keterangan dari warga setempat, pada radius tersebut tidak ditemukan keberadaan gua yang memungkinkan menjadi sumber suara misterius.

Baca Juga: Beredar Pesan Penyebab Suara Misterius Sumenep, BPBD Ungkap Ini

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya