SMA Surabaya Dijamin Bisa Tampung Lulusan SMP Tahun Ini

Tetap zonasi tapi gak banyak kok!

Surabaya, IDN Times - Dinas Pendidikan (Dindik) Jawa Timur (Jatim) memastikan daya tampung SMA/SMK sederajat di Surabaya cukup untuk kebutuhan lulusan SMP tahun ini. Namun, pemberlakuan zonasi masih akan diterapkan pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini dengan kuota 50 persen.

"Karena saya berpikir bahwa orang-orang atau siswa-siswa yang punya prestasi ini sudah sangat dibutuhkan oleh bangsa maka saya ambil yang minimal yakni 50 persen, dengan menghilangkan kata minimal,” ujar Kepala Dindik Jatim, Wahid Wahyudi.

1. Tak perlu khawatirkan zonasi

SMA Surabaya Dijamin Bisa Tampung Lulusan SMP Tahun IniIlustrasi kegiatan belajar mengajar siswa-siswi SMA. (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Wahid mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya zonasi ini. Sebab, pihaknya telah mengatur soal PPDB ini dengan berbagai macam jalur. “SMK itu malah zonasinya hanya 10 persen. Tujuannya agar anak-anak yang punya keahlian ini punya ruang yang cukup. Sedangkan 65 itu yang dari jalur prestasi,” tegasnya.

Baca Juga: Beri Kemudahan PPDB SMA/SMK, Siswa Bisa Entry Nilai Mandiri

2. Punya prestasi bisa bebas pilih sekolah

SMA Surabaya Dijamin Bisa Tampung Lulusan SMP Tahun Iniwebsite

Lebih lanjut, nantinya anak-anak atau siswa yang memiliki prestasi tetap akan bisa masuk ke SMA/SMK yang diinginkan tanpa terkendala zonasi. Sebab dituturkan Wahid, kuota zonasi tahun ini tidak mendominasi. “Sehingga prioritas terhadap kecerdasan tetap menjadi hal yang kita perhatikan,” katanya.

Baca Juga: COVID-19 Melandai, Jam PTM SMA/SMK di Jatim akan Ditambah

3. Tahapan PPDB dimulai akhir Mei

Nah, tahapan PPDB SMA/SMK 2022 dimulai dengan entry nilai pada 23 - 28 Mei secara online. Verifikasi nilai rapor oleh calon pendaftar dilaksanakan pada 27 - 30 Mei. Pembetulan nilai rapor oleh SMP/Sederajat bisa dilakukan pada 28-31 Mei. Pra pelaksanaan PPDB 2-18 Juni untuk pengambilan PIN dan dan simulasi pendaftaran 13-18 Juni. Serentak pendaftaran online pada 20 Juni 2022.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya