Sejumlah Pejabat Pemkot Surabaya Dimutasi, Kadinkes Kosong 

Wah ada apa ini?

Surabaya, IDN Times - Sejumlah pejabat pratama di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dimutasi oleh Wali Kota, Eri Cahyadi. Proses mutasi ini melibatkan tim independen. Adanya mutasi ini juga membuat beberapa jabatan lowong, pejabat lamanya telah mempunyai jabatan baru.

1. Mutasi dilakukan siang ini

Sejumlah Pejabat Pemkot Surabaya Dimutasi, Kadinkes Kosong Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara. IDN Times/Dok. Istimewa

Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara membenarkan ada mutasi jabatan tersebut. Namun ia enggan membeberkan formasi jabatan yang telah ditetapkan. "Mutasinya memang ada mutasi," ujarnya saat dikonfirmasi via telepon, Senin (20/12/2021).

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Surabaya, M. Fikser mengatakan, proses penetapan gerbong mutasi itu telah dilakukan Wali Kota, Eri Cahyadi pukul 11.00 WIB tadi. Dia memastikan, pejabat yang mendapatkan mandat baru merupakan kewenangan dari Eri.

"Iya benar, hari ini dilaksanakan Jam 11 di Balai Kota (Surabaya)," katanya via telepon.

Baca Juga: DPRD Sarankan Pejabat Lama di Pemkot Surabaya Diganti

2. Mutasi untuk kebutuhan organisasi, libatkan tim independen

Sejumlah Pejabat Pemkot Surabaya Dimutasi, Kadinkes Kosong Kadiskominfo Kota Surabaya M. Fikser. IDN Times/Fitria Madia

Terkait alasan mutasi, sambung Fikser, memang untuk kebutuhan organisasi dan proses mutasi ini kan untuk menyesuaikan dengan Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang baru. "Lalu proses itu juga sudah memenuhi tahapan sebagaimana undang-undang yang mengatur. Seleksi, asesmen, semua sudah dilakukan," katanya.

Dalam prosesnya, Wali Kota Eri melibatkan tim independen. Seperti dari akademisi Universitas Airlangga (Unair), maupun pakar atau guru besar. "Terus ada tim panel yang terdiri dari sejumlah pakar, guru besar. Independen itu. Untuk semua tahapan itu," ucap Fikser.

3. Tak semua dimutasi, hanya beberapa saja

Sejumlah Pejabat Pemkot Surabaya Dimutasi, Kadinkes Kosong Kadiskominfo Kota Surabaya M. Fikser. IDN Times/Ardiansyah Fajar

Fikser menambahkan, tidak semua pejabat pratama Pemkot Surabaya dimutasi. Termasuk dirinya yang masih menduduki Kepala Diskominfo. "Ya, memang tidak semua dimutasi. Sesuai yang Pak Wali (Eri) sampaikan ada yang tiga tahun (masa jabatan), lima tahun, itu ada yang dirotasi, begitu kan," ucapnya.

Adapun formasi terbaru itu, Erna Purnawati semula Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan menjadi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat; Irvan Widyanto, Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat menjadi Asisten Perekonomian dan Pembangunan.

Kemudian, Febria Racmanita, Kepala Dinas Kesehatan menjadi Asisten Administrasi Umum; M. Afghani Wardhana Kepala Dinas Kepemudaan dan Olah Raga menjadi Staf Ahli Walikota Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan; Supomo, Kepala Dinas Pendidikan menjadi Staf Ahli Wali Kota Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya manusia.

Lalu, Hidayat Syah, Asisten Administrasi Umum menjadi Staf Ahli Walikota Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan; Ikhsan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan menjadi Inspektur. Eddy Christijanto tetap di Kepala Satuan Polisi Pamong Praja; Maria Theresia Ekawati Rahayu, Kepala Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah menjadi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

Wiwiek Widayati, Kepala Dinas Perdagangan menjadi Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata; Musdiq, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menjadi Kepala Badan Pendapatan Daerah, Rachmad Basari Inspektur menjadi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Santi Dewi, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat menjadi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan; Anna Fajriatin, Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau menjadi Kepala Dinas Sosial; Antiek Sugiharti, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menjadi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

Agus Imam Sonhaji tetap menjadi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil; Muhammad Fikser tetap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika; Dedik Irianto tetap Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan; Irvan Wahyudrajad, Kepala Dinas Perhubungan menjadi Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Serta Pertanahan, Achmad Zaini tetap Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja.

"Memang ada yang masih kosong. Yang sekarang lagi dibuka lagi tahapan untuk melakukan seleksi," pungkasnya.

Baca Juga: Sutiaji Mutasi Kepala UPT Pemakaman, Ada Apa?

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya