Sedang Jalani Masa Tahanan, Napi Ini Melahirkan

Dia harus merawat anaknya di Rutan hingga bebas

Surabaya, IDN Times - Seorang narapidana (napi) berinisial AV (37) hampir saja melahirkan di Rutan Perempuan Kelas II A Surabaya, Porong, Rabu (21/9/2022). Beruntung, napi kasus penipuan jual beli 700 karton minyak goreng ini dapat melahirkan normal di Puskesmas yang tak jauh 
 
“Pagi tadi warga binaan berinisial AV mengaku perutnya mulas, setelah diperiksa oleh perawat Rutan ternyata sudah waktunya persalinan, pihak Rutan segera melakukan rujukan ke Puskesmas sesuai SOP yang berlaku,” ujar Kakanwil Kemenkumham Jatim, Zaeroji.

1. Lahirkan bayi laki-laki di Puskemas Porong

Sedang Jalani Masa Tahanan, Napi Ini MelahirkanNapi Rutan Perempuan Surabaya, AV melahirkan pada Rabu (21/9/2022). Dok. Kemenkumham Jatim.

AV dibawa Puskesmas Porong, Sidoarjo yang letaknya tak jauh dari Rutan Perempuan tempatnya dipenjara. “Alhamdulillah ibu dan bayi selamat. AV melahirkan bayi berjenis kelamin laki-laki pada pukul 10.15 WIB," kata Zaeroji.

Ini adalah anak kelima yang lahir dari rahim perempuan asal Wonokromo Surabaya ini. Belum ada nama yang diberikan untuk bayi berbobot 3,0 kilogram dan panjang 50 centimeter itu.

2. Setelah persalinan akan rawat anak di dalam Rutan hingga bebas

Sedang Jalani Masa Tahanan, Napi Ini MelahirkanNapi Rutan Perempuan Surabaya, AV melahirkan pada Rabu (21/9/2022). Dok. Kemenkumham Jatim.

Setelah persalinan nanti, AV melanjutkan lagi kehidupannya di dalam Rutan. Dia berencana menghabiskan sisa tahanannya bersama bayi yang baru dilahirkan. AV sendiri diketahui divonis 12 bulan. Dia ditahan sejak 17 April 2022 dan baru akan bebas pada 17 April 2023.

“Besok rencananya akan kembali lagi ke Rutan. Rencananya AV akan merawat sendiri bayinya sambil menjalani pembinaan di Rutan, karena orangtuanya juga sedang sakit,” kata Kepala Rutan Perempuan Surabaya, Amiek Diyah Ambarwatu.

Baca Juga: Tahanan Gantung Diri di Mapolsek Tambaksari, Diduga karena Malu

3. Berikan fasilitas layak bagi napi hamil dan menyusui

Sedang Jalani Masa Tahanan, Napi Ini MelahirkanNapi Rutan Perempuan Surabaya, AV melahirkan pada Rabu (21/9/2022). Dok. Kemenkumham Jatim.

Amiek berkomitmen akan memberikan pelayanan sesuai prosedur kepada napi perempuan yang hamil maupun menyusui atau merawat anaknya di dalam Rutan. Komitmen itu sudah terbukti sejak AV hamil. AV difasilitasi dengan pemeriksaan kandungan ke bidan Rutan.

Bahkan, pihak Rutan juga memberikan fasilitas pemeriksaan USG di Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo. "Kami telah melakukan pemeriksaan USG ke rumah sakit untuk mengetahui kondisi janin yang bersangkutan. Kondisi baik dan tidak ada penyulit," jelas Amiek.

Selain itu, Amiek juga memberikan perhatian lebih kepada napi perempuan dalam kondisi hamil seperti AV. Mulai dari memberikan infomasi kesehatan, kecukupan nutrisi, pengobatan, dan penanganan persalinan.

Baca Juga: Kisah D yang Tak Seperti Putri Sambo, Hamil dan Asuh Anak di Penjara

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya