Sebagian Ruas Tol Surabaya-Gempol Gunakan 1 Lajur Hingga Sebulan Lebih

Dampak dari longsor yang terjadi hari ini

Surabaya, IDN Times - Kasat PJR Polda Jawa Timur (Jatim), AKBP Dwi Sum Rahardi meninjau langsung amblasnya KM 06+200 Jalur A Tol Surabaya-Gempol, Rabu (27/1/2021). Ternyata, laporan soal adanya tanda-tanda amblasnya jalan tol ini sudah diterima polisi sejak Senin (25/1/2021) sore.

"Tanah agak turun di lajur pertama atau lajur lambat, kami lakukan rekayasa penutupan satu lajur Senin sore sudah berdampak kemacetan, dari tiga lajur menjadi satu lajur," ujarnya di lokasi.

1. Sejak Senin sore sudah lakukan rekayasa lajur karena ada laporan jalan retak

Sebagian Ruas Tol Surabaya-Gempol Gunakan 1 Lajur Hingga Sebulan LebihKasat PJR Polda Jatim saat tinjau tol longsor. Dok. Humas Polda Jatim

Setelah melakukan rekayasa lalu lintas di jalur tersebut, Polda segera berkoordinasi dengan pihak Jasa Marga. Dwi menyampaikan kalau ada rencana dilakukan perbaikan di retakan Jalan Tol dari Surabaya arah Gempol itu. Namun perbaikan tak kunjung dilakukan sampai sekarang.

"Retakan semakin memanjang, sehingga kami putuskan untuk membuat lajur 1 dan 2 ditutup. Kemudian Selasa sore hujan lebat mengakibatkan tanah menjadi amblas sehingga retak menjadi 30 meter amblas," jelas dia.

2. Saat ini tim ahli lakukan survei membutuhkan waktu hingga 1 bulan

Sebagian Ruas Tol Surabaya-Gempol Gunakan 1 Lajur Hingga Sebulan LebihKasat PJR Polda Jatim saat tinjau tol longsor. Dok. Humas Polda Jatim

Lebih lanjut, laporan terbaru yang diterima Dwi bahwa Jasa Marga saat ini sedang berkoordinasi dengan tim ahli dari Institut Tekonologi Sepuluh Nopember (ITS). Nantinya tim ahli akan melihat atau survei terlebih dahulu kondisi jalan dan struktur tanah di sekitar lokasi yang amblas.

"Kami diinfokan menghabiskan waktu yang cukup lama bisa satu pekan atau bahkan 1 bulan kurang lebihnya," kata dia.

Baca Juga: Ditemukan di Kepanjen, Keluarga Pastikan Jenazah Adalah Korban Longsor

3. Polisi akan tetap gunakan 1 lajur meski dampaknya melambat hingga macet

Sebagian Ruas Tol Surabaya-Gempol Gunakan 1 Lajur Hingga Sebulan LebihLongsor yang terjadi di Tol Surabaya-Gempol. Dok Jasa Marga

Mengetahui lamanya survei itu, lanjut Dwi, pihaknya akan tetap melakukan rekayasa lalu lintas di KM 06+200 dengan menggunakan satu lajur yaitu lajur cepat. Dampaknya mengakibatkan antrean yang panjang terutama dari arah Perak menuju ke Waru.

"Jadi kami mengimbau kepada para pengguna jalan untuk lebih bersabar, lebih berhati-hati. Kemudian apabila memang membutuhkan waktu yang cepat, lebih baik menggunakan jalur arteri, tidak menggunakan tol, atau mungkin bisa mensiasati menuju wilayah barat atau selatan naiknya di Intrans Satelit atau di Gunungsari," pungkas Dwi.

Baca Juga: Longsor, Sebagian Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol Ditutup

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya