Sabun Isi Sabu Gagal Diselundupkan ke Lapas Banyuwangi

Waduh, ada-ada aja gaes!

Banyuwangi, IDN Times - Penyelundupan narkoba rupanya masih marak di Lapas Jawa Timur (Jatim). Terbukti, ada percobaan penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu yang dibalut dalam sabun batangan Lapas Banyuwangi, Sabtu (12/3/2022). Namun, digagalkan oleh petugas lapas.

1. Ada 6 paket sabu-sabu dalam sabun

Sabun Isi Sabu Gagal Diselundupkan ke Lapas BanyuwangiPengungkapan sabu dalam sabun di Lapas Banyuwangi. Dok. Humas Kemenkumham Jatim.

Plt Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Wisnu Nugroho Dewanto mengatakan, sabun berisi sabu itu dimasukkan ke dalam lapas melalui layanan penitipan barang dan makanan. Berkat ketelitian dan kejelian petugas yang berada di bagian pengawasan dan pemeriksaan, barang diduga sabu tersebut gagal masuk ke dalam lapas.

"Kejadian menjelang siang sekitar pukul 10.30 WIB," ujar Wisnu dalam keterangan tertulis, Minggu (13/3/2022).

Berdasarkan hasil pemeriksaan, petugas mendapatkan barang bukti berupa enam paket serbuk putih. Barang yang dibungkus plastik klip itu diduga narkotika jenis sabu-sabu. "Barang tersebut berupaya dimasukkan oleh salah seorang pengunjung berinisial FLD (36) yang merupakan warga Rogojampi, Banyuwangi,” kata Wisnu.

Baca Juga: Lapas Tulungagung Gagalkan Penyelundupan Narkoba Lewat Sabun Cair

2. Sabu dipesan oleh napi narkotika

Sabun Isi Sabu Gagal Diselundupkan ke Lapas BanyuwangiPengungkapan sabu dalam sabun di Lapas Banyuwangi. Dok. Humas Kemenkumham Jatim.

Sementara itu, Kalapas Wahyu Indarto menyebutkan, berdasarkan keterangan FLD, dia hendak mengirim barang untuk kerabatnya berinisial MG, napi kasus narkotika yang divonis 5 tahun 4 bulan. Barang yang dititipkan, terdiri dari nasi, ayam, roti, mie instan dan sabun batang.

Sesuai dengan SOP yang berlaku, setiap barang maupun makanan yang akan dikirimkan ke dalam lapas wajib dilakukan pemeriksaan secara teliti dan menyeluruh. Kecurigaan petugas muncul pada saat melakukan pemeriksaan terhadap sabun batang yang dibawa FLD.

"Sebab bentuk sabun terdapat goresan dan tidak rapi seperti sabun kemasan pabrik," ungkapnya.

Saat petugas membelah sabun tersebut, ada benda yang mengganjal terbungkus rapi dengan sedotan. Setelah dibuka, ternyata benar ada benda mencurigakan. Petugas melakukan pemeriksaan mendalam terhadap seluruh barang titipan yang dibawa FLD.

"Hasilnya ditemukan enam paket diduga sabu yang tersebar dalam tiga buah sabun batang," terang Wahyu.

3. Kurir sabu langsung dilimpahkan ke kepolisian

Sabun Isi Sabu Gagal Diselundupkan ke Lapas BanyuwangiPengungkapan sabu dalam sabun di Lapas Banyuwangi. Dok. Humas Kemenkumham Jatim.

Petugas lalu menangkap FLD yang tampak syok untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Berdasarkan keterangan awal, MG mengaku memesan barang haram tersebut melalui sambungan Wartelsus Lapas Banyuwangi. Saat ini, temuan tersebut dilimpahkan kepada Satnarkoba Polresta Banyuwangi.

“Kami serahkan perkara ini kepada rekan-rekan Satnarkoba Polresta Banyuwangi agar dilakukan pengembangan dan tindak lanjut perkara,” pungkasnya

Baca Juga: Polisi Tetapkan 4 Tersangka Penyelundupan Narkoba di Lapas Tulungagung

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya