Risma Tes Swab, Pemkot: Bukan karena Habis Bertemu Tung Desem

Hasilnya negatif, saat bertemu Tung Desem pun tak bersalaman

Surabaya, IDN Times - Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara membenarkan bahwa Wali Kota Surabaya sempat menjalani tes swab PCR pada Maret lalu. Hasil tes tersebut juga sudah keluar tiga pekan lalu.

"Hasilnya negatif, sudah lama hasil tesnya tiga minggu lalu," ujarnya kepada IDN Times, Senin (6/4).

1. Periksa atas dasar inisiatif karena sempat ke luar kota

Risma Tes Swab, Pemkot: Bukan karena Habis Bertemu Tung DesemWali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. IDN Times/Fitria Madia

Febri sapaan akrabnya menampik kalau Risma menjalani tes lantaran usai bertemu motivator Tung Desem Waringin pada acara Forum Inovasi IDEACLOUD 2020 di Voza Premium Office, Surabaya, Minggu (15/3) lalu. Pemeriksaan wali kota dua periode ini atas dasar inisiatif.

"Inisiatif beliau. Karena memang beberapa hari kemarin (sebelum pertemuan) beliau (Risma) aktifitas luar kota. Karena jaga-jaga, beliau memperiksakan negatif," katanya.

"Bukan karena Tung Desem (terus periksa)," dia melanjutkan.

2. Sempat merasa kurang enak badan

Risma Tes Swab, Pemkot: Bukan karena Habis Bertemu Tung DesemWali Kota Surabaya, Tri Rismaharini saat mencoba terowongan sterilisasi, Sabtu (21/3). IDN Times/Fitria Madia

Ditambah lagi, lanjut Febri, kala itu Risma sempat merasa tidak enak. Dia khawatir ada hal yang tidak diinginkan karena sudah marak wabah virus corona atau COVID-19 di Indonesia. Bahkan, badan wali kota kelahiran Kediri ini sempat dikabarkan demam.

"Karena sibuk di dapur umum, beliau (Risma) terasa kayak masuk angin. Dapur umum kan panas, kemudian ngerasa gak enak. Sudah periksa, hasilnya negatif. Ini gegara kepanasan di dapur umum," ucapnya. Febri memastikan saat ini kondisi Risma sehat.

3. Pastikan physical distancing dan tidak bersalaman dengan Tung Desem

Risma Tes Swab, Pemkot: Bukan karena Habis Bertemu Tung DesemRisma saat menghadiri acara International Women's Day di kantor IDN Times, Sabtu (7/3). IDN Times/Abraham Herdyanto

Terkait pertemuan dengan Tung Desem Waringin, Febri memastikan bahwa Risma tidak bersentuhan sama sekali. Sebab dia menerapkan physical distancing dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Karena di IDEACLOUD itu beliau (Risma) physical distancing. Beliau pakai hand sanitizer, tidak salaman. Terlihat (berdekatan) waktu selfie itu saja. Beliau gak salaman," dia menjelaskan.

Seperti diketahui, motivator Tung Desem sempat bertemu Risma pada 15 Maret 2020. Dia mengalami gejala demam pada 18 Maret 2020. Kemudian 23 Maret 2020, dia menjalani tes dan dinyatakan positif COVID-19.

Baca Juga: "Bu Risma" Trending, Warganet Apresiasi Upaya Risma Cegah Corona

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya